Korut Tembakkan Sejumlah Rudal Balistik ke Arah ZEE Jepang, Militer Korsel Bersiaga

Korut Tembakkan Sejumlah Rudal Balistik ke Arah ZEE Jepang, Militer Korsel Bersiaga

Berita Utama | inews | Rabu, 18 September 2024 - 10:20
share

TOKYO, iNews.id – Korea Utara meluncurkan sejumlah proyektil yang didugal rudal balistik, Rabu (18/9/2024). Hal itu diungkapkan kantor berita Kyodo, lewat laporannya yang mengutip Korps Penjaga Pantai Jepang.

“Rudal-rudal tersebut tampaknya jatuh ke laut, di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang,” bunyi laporan itu.

Pada saat yang sama, militer Korea Selatan mengatakan, peluncuran rudal oleh Pyongyang kali ini mencakup beberapa rudal balistik jarak pendek. Dikatakan bahwa rudal pertama lepas landas dari Kaechon, sebuah daerah yang terletak utara ibu kota Korut, Pyongyang, sekitar pukul 06.50 pagi waktu setempat. Rudal itu terbang ke arah timur laut.

“Militer kami mempertahankan sikap siaga penuh sembari memperkuat pengawasan dan kewaspadaan dalam persiapan peluncuran tambahan dan berbagi informasi erat dengan pihak AS dan Jepang,” ungkap Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Korsel dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita Yonhap, hari ini.

“Kami mengutuk keras peluncuran rudal Korea Utara yang merupakan tindakan provokasi yang jelas dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” bunyi pernyataan itu lagi.

Sekitar 30 menit setelah pemberitahuan rudal pertama, Korut kembali menembakkan rudal balistik lainnya. Melalui platform media sosial X, Komando Indo-Pasifik AS mengatakan mereka sudah mengetahui peluncuran rudal tersebut dan terus berkomunikasi dengan Seoul dan Tokyo.

Pada Kamis (12/9/2024) pekan lalu, Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan Pyongyang meluncurkan beberapa rudal balistik ke arah Laut Jepang. Itu adalah peluncuran rudal balistik pertama Korut sejak 1 Juli.

Topik Menarik