Pencarian Korban Longsor di Lumajang Dihentikan Faktor Cuaca, 1 Belum Ditemukan

Pencarian Korban Longsor di Lumajang Dihentikan Faktor Cuaca, 1 Belum Ditemukan

Terkini | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 14:42
share

LUMAJANG, iNews.id - Petugas SAR gabungan menghentikan sementara pencarian korban penambang pasir yang tertimbun longsor di Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jumat (7/6/2024). Alasannya karena faktor cuaca sebab kawasan Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Yudhi Cahyono mengatakan, satu korban longsor saat ini masih belum ditemukan. Korban penambang pasir bernama Junaidi, warga Dusun Karangsuko RT 21 RW 06, Desa Tamansatriyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

"Untuk sekarang ini belum ada penanganan atau pembersihan dulu karena kondisi cuacanya mendung dan hujan intensitas ringan," ujar Yudhi Cahyono saat dikonfirmasi, Jumat (7/6/2024).

Cuaca yang tidak mendukung membuat proses pencarian satu dari empat penambang pasir dihentikan sementara. Tim penyelamat gabungan yang dikomandoi Basarnas Jember khawatir bila ada longsor susulan pada tebing setinggi lebih dari 80 meter.

"Betul, dari tim SAR, BPBD relawan dan tugas gabungan masih stand by, cuma tidak ada aktivitas evakuasi karena cuaca tidak mendukung. Posisinya cuaca tidak mendukung, mendung gerimis ringan takutnya ada hal-hal yang tidak diinginkan, debit sungai naik tinggi atau ada longsoran susulan," katanya.

Sejauh ini hingga hari keempat pencarian, baru ditemukan tiga orang semuanya dalam meninggal dunia. Korban terakhir yang ditemukan atas nama Abdul Rohim, warga Dusun Besuk Cukit RT 9 RW 7, Desa Pronojiwo, yang ditemukan Kamis (6/6/2024) pukul 16.30 WIB.

"Kurang satu penambang atas nama Junaidi masih dalam pencarian. Tapi karena cuaca kurang mendukung tidak ada aktivitas evakuasi," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, longsor terjadi di lokasi penambangan pasir di Sungai Besuk Bang, Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Selasa (4/6/2024) pukul 11.30 WIB.

Longsor terjadi di tebing tepian Sungai Besuk Bang yang berhulu di Gunung Semeru. Tebing setinggi 80 meter dengan panjang 30 meter lebih itu longsor saat cuaca cerah dan penambang pasir sedang beraktivitas di aliran Sungai Besuk Bang.

Akibat peristiwa ini, empat orang dilaporkan tertimbun longsoran berupa bebatuan dan tanah. Tiga orang sudah ditemukan dan satu masih dalam pencarian.

Topik Menarik