Dosen Ilkom Unpam Gelar Pelatihan Jurnalistik Digital di Kelurahan Lengkong Karya

Dosen Ilkom Unpam Gelar Pelatihan Jurnalistik Digital di Kelurahan Lengkong Karya

Terkini | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 17:45
share

JAKARTA, iNews.id - Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (Unpam) menggelar pelatihan jurnalistik digital di Kelurahan Lengkong Karya. Pelatihan digelar untuk memperkuat praktik citizen journalism.

Inisiator pelatihan, Sandra Olifia, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya nyata Unpam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyajikan dan menyebarkan informasi yang berkualitas.

"Kami percaya bahwa jurnalistik digital adalah alat yang sangat efektif dalam menyebarkan berita dan opini di era digital ini. Dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat, kami berharap mereka dapat menjadi penjaga kebenaran dan penyebar informasi yang bertanggung jawab," kata Sandra dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6/2024).

Selain mempelajari teknik-teknik dasar jurnalistik, kata dia, peserta diajak untuk berkolaborasi menciptakan konten yang relevan dengan isu-isu lokal. Para peserta diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan keterampilan yang di pelajari melalui diskusi-diskusi interaktif dan sesi praktikum.

Lurah Lengkong Karya, Nus Asni Rahman, menyambut antusias kegiatan tersebut. Dia menilai pelatihan itu sangat bermanfaat bagi remaja-remaja karang taruna.

"Dengan keterampilan yang mereka peroleh, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan warga kami," tutur dia.

Sementara itu, narasumber pelatihan M Daus Rahmadi mengatakan pelatihan tersebut penting bagi para remaja karang taruna untuk menghasilkan gagasan, ide yang terkonsep dan membiasakan diri berpikir secara kritis.

"Hal ini sangat membantu ketika mereka dituntut membuat konten, pengambilan gambar atau olah suara, penyuntingan, dan lainnya," kata Daus.

Adapun pelatihan digelar di aula Kelurahan Lengkong Karya. Peserta berasal dari kalangan remaja yang terlibat sebagai anggota organisasi kepemudaan dan peduli akan perkembangan media lokal.

Para dosen yang terlibat aktif memberikan pandangan dan pengetahuan mendalam tentang bagaimana memanfaatkan platform digital untuk menciptakan konten yang informatif dan berdampak.

Pelatihan tersebut diharapkan mendorong universitas dan para dosen untuk terus melakukan kegiatan serupa di wilayah-wilayah lain, sehingga semakin banyak masyarakat yang mampu memanfaatkan jurnalistik digital sebagai sarana untuk menyuarakan aspirasi.

Topik Menarik