Kronologi Tebing Sungai di Semeru Longsor hingga Timbun 4 Penambang Pasir

Kronologi Tebing Sungai di Semeru Longsor hingga Timbun 4 Penambang Pasir

Terkini | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 21:34
share

LUMAJANG - Warga di kawasan Gunung Semeru Lumajang, dikejutkan dengan tanah longsor di penambangan pasir. Peristiwa ini tergolong mengejutkan karena saat kejadian cuaca sedang cerah dan panas.

"Cuaca cerah sekitar pukul 11.20 WIB, tiba-tiba tanah longsor," kata Kepala Desa (Kades) Pronojiwo Murdiono, dikonfirmasi, pada Selasa petang (4/6/2024).

Peristiwa ini terjadi saat sejumlah penambang pasir tengah beraktivitas di aliran Sungai Besuk Bang di Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, yang berhulu di Gunung Semeru. Alhasil, beberapa penambang tak sempat menyelamatkan diri hingga terkubur, tebing tepi sungai dari batu gamping setinggi 30 meter dan lebar 15 meter.

"Ada empat orang yang terkubur, yakni Duwi (35) warga Dusun Supit RT 36 RW 13, Desa Pronojiwo, Rohim, warga Dusun Besuk Cukit RT 9 RW 7, Desa Pronojiwo, Junaidi 26 tahun, warga Dusun Karangsuko RT 21 RW 06, Desa Taman Satrian, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, yang merupakan sopir pickup," ujarnya.

Topik Menarik