Banjir dan Lonsor Melanda Dua Kabupaten di Sulsel, 94 KK Terdampak

Banjir dan Lonsor Melanda Dua Kabupaten di Sulsel, 94 KK Terdampak

Terkini | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 15:29
share

JAKARTA - Banjir dan longsor menerjang dua Kabupaten di Sulawesi Selatan, Senin (3/6/2024). Banjir terjadi di Kabupaten Luwu Utara dan longsor terjadi di Kabupaten Sinjai.

Banjir di Kabupaten Luwu Utara terjadi pukul 08.54 WITA dipicu hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan meluapnya dua sungai yaitu sungai Penggorok dan sungai Lasumba. Lokasi terdampak Desa Mukti Tama di Kecamatan Baebunta Selatan.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara banjir setinggi 30 hingga 100 cm menyebabkan sebanyak 94 kepala keluarga terdampak.

"Kerugian materil 94 Unit rumah terdampak, 250 Ha lahan perkebunan terendam dan persawahan terdampak," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya.

Upaya Penanganan banjir BPBD Luwu Utara mendata kerusakan dampak bencana dan evakuasi warga terdampak. Kondis terkini banjir berangsur surut

Sementara itu, bencana Longsor melanda Kabupaten Sinjai yang terjadi pukul 07.00 WITA dipicu hujan lebat yang mengakibatkan tanah longsor dengan material tanah yang menutup akses jalan Provinsi penghubung Desa Barambang dengan Desa Bonto Katute.

Berdasarkan Pendataan BPBD Kabupaten Sinjai sebanyak empat kepala keluarga terdampak. Kerugian materil sebanyak 41 Ha lahan persawahan terdampak, satu Irigasi sepanjang 20 meter terdampak dan akses jalan Provinsi tertutup material longsor.

Topik Menarik