Warga Keluhkan Trotoar di Johar Baru Jakpus Jadi Tempat Jual Hewan Kurban

Warga Keluhkan Trotoar di Johar Baru Jakpus Jadi Tempat Jual Hewan Kurban

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 09:47
share

JAKARTA, iNews.id - Trotoar di Jalan Kramat Jaya Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat menjadi tempat para pedagang hewan kurban berjualan. Hal ini dikeluhkan para pejalan kaki di sekitar lokasi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat sejumlah tenda dan lapak didirikan di atas trotoar. Selain itu, trotoar juga tampak berantakan.

"Saya tidak setuju dengan trotoar dijadikan tempat dagang hewan kurban. Kasihan pejalan kaki jadi tidak bisa lewat sehingga harus berjalan di atas jalan raya, dan ini sangat berbahaya," ucap Ahmad, salah satu warga, Selasa (4/6/2024). 

Ahmad mengatakan, seharusnya pihak kecamatan dan kelurahan bisa memberikan tempat bagi penjual hewan kurban.

"Dagang di atas trotoar itu jadi kotor. Baru kotoran hewan kurban juga sangat mengganggu warga," kata dia.

Hal senada disampaikan Adit Pratama. Dia mengeluhkan pemerintah tidak tegas menegakkan Peraturan Daerah (Perda). Seharusnya pemerintah menyiapkan lokasi tempat berdagang hewan kurban.

"Ini pemerintah tidak tegas dalam menegakkan Perda. Trotoar masih bisa dijadikan tempat dagang hewan kurban, harusnya ini tempat pejalan kaki," ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Jakarta Pusat meminta seluruh pedagang hewan kurban tidak memakai fasilitas umum seperti taman, trotoar dan drainase saluran air sebagai tempat berjualan.

"Kami mengacu pada (Perda) ketertiban umum No 8 Tahun 2017. Pedagang tidak boleh dagang di fasilitas umum seperti trotoar, taman," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Tumbur Parluhutan Purba.

Purba mengatakan, Satpol PP tidak akan menoleransi hal-hal yang melanggar aturan. Pedagang hewan kurban yang tetap berdagang di lokasi yang melanggar akan ditertibkan.

"Yang melanggar akan kami tindak namun secara persuasif," kata Tumbur.

Topik Menarik