Gempa Guncang Pesisir Tapteng, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Pesisir Tapteng, Tak Berpotensi Tsunami

Terkini | okezone | Senin, 3 Juni 2024 - 17:19
share

TAPTENG - Gempa bumi bermagnitudo 2,6 mengguncang wilayah pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, pada Senin (3/6/2024) petang.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa bumi tektonik itu terjadi pada pukul 16:30:57 WIB. Pusat gempa berada di kordinat 1.68 Lintang Utara dan 98,78 Bujur Timur atau sekitar 5 kilometer barat daya Kabupaten Tapanuli Tengah. Pusat gempa berada pada kedalaman 82 kilometer.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam peringatan dini nya, Senin.

Gempa bumi yang terjadi di pesisir Tapteng ini terasa hingga ke Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan. Michael, warga Kota Sibolga yang dihubungi MPI dari Medan, mengaku yang tinggal di dekat pantai sempat berlarian ke arah bukit saat gempa terjadi.

"Gak begitu kuat memang, tapi namanya gempa, yang di arah laut (pinggir pantai) sempat berlarian juga tadi ke jalan utama. Tapi sekarang sudah kondusif," sebut Michael.

Sementara itu, Sahata, warga Tarutung, menyebut ia dan sejumlah rekannya di kantor sempat keluar gedung saat gempa terjadi. Mereka menuju lokasi terbuka untuk menghindari longsor maupun runtuhan yang terjadi akibat gempa.

"Kita memang setiap merasa gempa, prosedurnya harus berkumpul di zona aman. Apalagi di Tarutung ini kan wilayahnya perbukitan, begitu juga dengan kantor kita. Jadi prosedurnya memang keluar biar tidak ada korban jiwa. Tapi sejauh ini sudah aman. Kita sudah kembali kerja," pungkasnya.

Topik Menarik