Regenerasi Dalang, Dinas Kebudayaan Jogja Gelar Festival Dalang Anak

Regenerasi Dalang, Dinas Kebudayaan Jogja Gelar Festival Dalang Anak

Terkini | sleman.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 08:30
share

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Festival Dalang Anak Tingkat Kota Yogyakarta di nDalem Ngabean, Selasa (28/5/2024). Juara pertama diraih Ivo Lanta Sang Kesawa yang berhak meraih hadiah Rp3 juta. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti  mengatakan, kegiatan ini untuk memilih dalang anak terbaik sebagai perwakilan dari Kota Yogyakarta. Nantinya yang lolos akan dikirim mewakili Kota Yogyakarta dalam ajang serupa tingkat DIY. 

“Festival Dalang Anak ini juga untuk regenerasi seniman dalang di masa yang akan datang,” katanya.   

Menurutnya, Disbud komitment untuk memfasilitasi pengembangan hasil cipta, rasa, dan karya seni pedalangan. Salah satunya dengan memberikan ruang berekpresi dan berkarya seni terutama bagi anak-anak Kota Yogyakarta yang memiliki potensi dan minat terhadap kesenian ini.

Rangkaian festival dimulai dengan seleksi awal melalui pengiriman rekaman video mendalang atau memainkan wayang secara sederhana sesuai persyaratan yang ditentukan panitia. Peserta juga mencantumkan link YouTube yang berisi video-video mendalang. Ini merupakan bentuk seleksi awal bagi anak Kota Yogyakarta, berusia 8 hingga 15 tahun.

 

Dalam tahap ini ada tujuh peserta yang lolos seleksi.  Selanjutnya mereka mengikuti tahap pementasan. Keefe membawakan lakon “Topeng Waja”; Alfariel membawakan lakon “Kangsa Adu Jago”; Jalu dengan lakon “Aji Narantaka”; Arjuna menampilkan lakon “Gatotkaca Dadi Ratu”;  Ivo dengan lakon “Senggana Duta”; sementara itu Rafael menampilkan lakon “Bima Bothok”; dan Pramunditya membawakan “Gatutkaca Winisuda”.

Hasil sidang dewan juri dari PEPADI Kota Yogyakarta yang terdiri atas Giyatno, Fani Rickyansyah, dan Bayu Aji Nugroho, ditetapkan Ivo Lanta Sang Kesawa meraih juara I, Rafael Windrasto Satrio Adhi juara II. Sementara juara III diraih oleh Keefe Juris Privian, disusul Alfariel Augusto Wijonarko menempati juara IV atau harapan I. Adapun Pramunditya Ahimsa Utoro berada diposisi kelima atau harapan II, dan Arjuna Putra Harianto berada diposisi keenam atau harapan III. Peserta termuda dari Festival Dalang tahun ini, Elia Jalu Langit Biru keluar sebagai peraih harapan IV.

Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 3 juta untuk juara I, Rp 2,5 juta juara II, Rp 2 juta untuk juara III. Selanjutanya harapan I Rp 1,5 juta, harapan II Rp 1 juta, harapan III-IV mendapatkan Rp 750.000. 

“Senang bisa berpartisipasi dalam festival ini untuk melestarikan budaya Jawa,” kata Pramunditya. 

Topik Menarik