Review Vivo X100 Pro: Ponsel Flagship Elegan dengan Kamera Kelas Dewa

Review Vivo X100 Pro: Ponsel Flagship Elegan dengan Kamera Kelas Dewa

Teknologi | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 10:32
share

VIVO X100 Pro adalah salah satu ponsel kelas flagship vivo yang hadir di Indonesia pada pertengahan tahun ini. Diluncurkan bersama dengan ponsel lipat vivo X Fold3, ponsel ini menarik perhatian dengan desain yang elegan dan spesifikasi kelas atasnya, terutama pada optiknya.

Vivo dikenal sebagai brand smartphone yang menawarkan performa yang bandel di berbagai perangkatnya, dan kali ini Okezone berkesempatan mencoba vivo X100 Pro untuk digunakan dalam berbagai aktivitas. Berikut ulasannya.

Dikemas dengan box yang memiliki kesan premium, vivo X100 Pro hadir dengan charger pengisi daya cepat 120 Watt dan case yang bisa langsung digunakan.

Vivo X100 Pro memiliki desain elegan dengan sisi lengkung dan konfigurasi kamera berbentuk cincin yang menonjol di bagian belakang yang terinspirasi konsep Sun Halo Ring. Bagian belakang vivo X100 Pro ini memiliki tekstur yang licin dengan glitter atau manik-manik yang tampak seperti bintang.

Di samping kanan terdapat tombol volume dan power, sementara di bagian kiri terlihat polos tanpa kofigurasi apa pun. Lubang mikrofon dan Infra red Blaster, sementara speaker, lubang charger USB-C 3.2 dan dual Sim Tray tanpa slot micro SD. Seperti ponsel-ponsel vivo baru lainnya, vivo X100 Pro tidak menyertakan lubang colokan 3.5mm headphone.

Vivo X100 Pro menggunakan layar lengkung atau curved screen yang semakin memperlihatkan kesan elegan pada ponsel ini. Layar AMOLED ini memiliki luas 6,78 inci dan resolusi 2800x1260 pixel dan refresh rate 120 Hz.

Dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus 2 dan sertifikasi IP 68 Water and Dust Resistance, vivo X100 Pro dipastikan cukup tangguh dan memiliki daya tahan tinggi di berbagai situasi.

 

Dengan dimensi 164,05 x 75,28 x 8,91 mm, vivo X100 Pro tergolong ponsel dengan bodi yang bongsor. Ini mungkin membuat ponsel ini agak sulit digenggam bagi pengguna yang memiliki tangan kecil, tetapi ini bukan sebuah masalah besar, terutama dengan spesifikasi dan teknologi yang ditawarkan ponsel ini.

Vivo X100 Pro dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 9300 yang didukung RAM 16 GB, dan penyimpanan 512 GB. Spesifikasi ponsel flagship ini menjamin performa kelas tinggi dan visual yang smooth untuk berbagai kebutuhan baik untuk merekam video, mengambil foto, editing, atau hanya sekedar bermain game.

Fotografi selalu menjadi keunggulan ponsel vivo dan vivo X100 Pro menawarkan kemampuan optik yang luar biasa. Ponsel ini menggunakan triple kamera di bagian belakang: kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX989, kamera ultrawide 50 MP, dan kamera telephoto 50 MP.

Vivo X100 Pro mengusung teknologi lensa ZEISS yang memiliki kemampuan optik yang lebih baik dalam mengurangi pantulan lensa, sehingga memungkinkanmu untuk menghasilkan jepretan foto yang lebih jernih dari biasanya tanpa distraksi apapun.

Teknologi Optical Precision Calibration dan Origin Imaging Engine pada vivo X100 Pro mampu memastikan hasil gambar dengan kualitas ketajaman atau presisi lebih tinggi dari biasanya.

Lensa kamera telephoto yang diusungnya memiliki focal length 100 mm dan digital zoom hingga 100x sehingga memiliki jangkauan pemotretan objek foto yang lebih jauh dari biasanya. Sebagai informasi, kamera telephoto-nya ini tercatat menjadi lensa pertama di dunia yang memiliki sertifikasi dari ZEISS Apochromatic Lens.

 

Tak hanya untuk foto atau gambar diam, vivo X100 Pro juga luar biasa untuk digunakan merekam gambar bergerak atau video. Sederet fitur video sinematik juga disematkan pada vivo X100 Pro yang mendukung para pencita videografi, bahkan sineas untuk membuat rekaman sinamatik hingga film pendek dengan kualitas gambar 4K.

Didukung Multi-Concurrent AI Cognitive ISP Architecture, fitur 4K Cinematic Video dari vivo X100 Pro memiliki berbagai opsi setting videografi yang cukup lengkap, mulai dari bingkai 2,39:1, efek bokeh 4K, hingga peralihan fokus tingkat master. Ada lima preset template video yang dapat digunakan, yaitu Nature Portrait, Summer Sea Breeze, Classic Movie, Retro Soft Focus, dan HK Night.

Vivo X100 Pro juga dilengkapi Dual Volt Battery yang kapasitas masing-masing 2700 mAh, yang berarti Equivalent 5400 mAh. Kapasitas baterai ini cukup besar untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Ponsel ini menggunakan sistem operasi FunTouchOS besutan vivo yang terasa smooth selama digunakan. Sistem operasi ini memiliki bloatware yang minimal, bahkan mungkin tidak ada, tetapi di sisi lain kehilangan beberapa fitur UI, misalnya Auto Focus pada kamera swafoto.

 

Harga Rp17 jutaan yang dibanderol untuk vivo X100 Pro terasa cukup tinggi, namun bisa dijustifikasi dengan performa dan kemampuan dari ponsel flagship ini, terutama pada kameranya yang luar biasa, bahkan mungkin yang terbaik di kelasnya.

Bagi yang menginginkan ponsel flagship untuk kegiatan fotografi dan videografi, serta bisa juga digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, vivo X100 Pro bisa menjadi pilihan utama.

Topik Menarik