Tak Hanya untuk Olahraga, Samsung Galaxy Watch7 Bisa Bantu Gen Z Jaga Mental

Tak Hanya untuk Olahraga, Samsung Galaxy Watch7 Bisa Bantu Gen Z Jaga Mental

Teknologi | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 16:58
share

JAKARTA - Berolahraga adalah aktivitas penting untuk menjaga kualitas hidup, terutama bagi kalangan muda seperti gen Z. Aktivitas ini sangat didukung oleh kehadiran perangkat wearable dengan teknologi pemantau kesehatan dan kebugaran yang banyak ada saat ini. 

Namun, dalam melakukan kegiatan berolahraga kita juga perlu memperhatikan kondisi fisik agar tidak mengalami overtrain, atau berlatih secara berlebihan. Hal ini justru akan berdampak buruk pada kesehatan. Keseimbangan ini dapat dipantau dengan bantuan teknologi seperti fitur-fitur yang dimiliki Samsung Galaxy Watch7. 

“Saat ini siapapun termasuk gen Z sangat bisa memanfaatkan teknologi yang ada bersama mereka untuk membangun rutinitas yang lebih seimbang dan sebagai monitor tahap awal dari kondisi dan kesiapan fisik untuk memulai olahraga. Seperti Galaxy Watch7, yang bukan hanya sekadar tools pelacak aktivitas, lebih dari itu sebagai personal coach untuk memastikan risiko overtrain ketika olahraga, khususnya untuk pemula," ujar Sports Medicine Specialist, dr Andi Kurniawan, Sp.KO, Kamis (5/9/2024).

"Sebelum memulai olahraga, pastikan tubuh dalam keadaan fit dan mulailah dengan intensitas yang ringan untuk kemudian ditingkatkan secara bertahap," tambahnya. 

Samsung Galaxy Watch7 juga memiliki fitur Energy Score yang bisa membantu pengguna memahami kapan tubuh mereka siap untuk melakukan latihan intensif dan kapan saatnya beristirahat. 

Tak hanya itu kondisi fisik, Samsung Galaxy Watch7 turut memantau kondisi mental pengguna, khususnya tingkat stres. Fitur ini cukup penting, mengingat banyak orang mengalaminya, terutama gen Z. 

Menurut dr Andi, salah satu penyebab stres adalah gaya hidup yang kurang sehat, yang cenderung memicu kelelahan, penurunan kesehatan, dan hilangnya kepuasan dalam beraktivitas. Maka dari itu, dr Andi menyarankan untuk menerapkan work life balance demi mengurangi perasaan tertekan tersebut.

Penggunaan Galaxy Watch7 bisa membantu mengatasi stres ini. Pasalnya, smartwatch ini bisa mengukur stress level pengguna berdasarkan Heart Rate (HR) dan Heart Rate Variability (HRV) yang dideteksi lebih akurat berkat 2nd Gen Bioactive Sensor.  Penilaian stress level pengguna bisa diukur secara otomatis atau kapanpun pengguna membutuhkannya. 

 

“Saat kita stres, tubuh akan melepaskan hormon-hormon seperti adrenalin dan kortisol yang membuat HR naik dan HRV turun dari biasanya. Nah, Galaxy Watch7 bisa mendeteksi pergerakan HR dan HRV ini dengan akurat untuk menghitung stress level pengguna. Sistem tracking ini bisa membantu pengguna untuk cari pemicu stres, lalu menemukan cara yang paling tepat dalam menguranginya,” kata dr Andi.

Fitur lainnya yang ada pada Samsung Galaxy7  adalah Body Composition di Galaxy Watch7 yang bisa memantau persentase lemak tubuh, massa otot, dan berat badan secara akurat. Fitur ini membantu merencanakan menu latihan yang lebih optimal. 

Latihan dan olahraga juga menjadi lebih seru saat dilakukan sambil mendengarkan musik dengan menggunakan Galaxy Buds3 Pro. Fitur Adaptive Sound Galaxy Buds3 Pro membuat pengguna bisa tetap aware dengan lingkungan sekitar saat berolahraga dan mendengar lagu dari TWS yang memiliki kualitas suara jernih ini. 

Galaxy Watch7 tersedia dalam ukuran 40mm (mulai dari Rp4.499.000) dengan opsi warna Green dan Cream serta ukuran 44mm (mulai dari Rp4.999.000) dengan pilihan warna Green dan Silver. Galaxy Buds3 Pro tersedia dengan harga Rp3.299.000 dalam pilihan warna Silver dan White. 

Topik Menarik