Spesifikasi Rudal Khyber Iran yang Ditakuti Israel, Memiliki Hulu Ledak Nuklir

Spesifikasi Rudal Khyber Iran yang Ditakuti Israel, Memiliki Hulu Ledak Nuklir

Teknologi | sindonews | Jum'at, 19 April 2024 - 17:15
share

Spesifikasi rudal Khyber Iran menarik diulas lantaran senjata ini memiliki jangkauan ribuan kilometer, akurasi tinggi serta dampak mematikan. Betapa tidak, rudal canggih ini memiliki hulu ledak nuklir yang mampu mencapai wilayah Israel.

Kendati demikian, Iran mengklaim tidak menggunakan rudal canggih ini dalam serangan terbaru ke Israel. Dari 300 proyektil dan UAV, termasuk sekitar 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah, dan lebih dari 120 rudal balistik, semuanya adalah senjata usang.

Kami menyerang Israel menggunakan senjata yang ketinggalan zaman dan sarana yang minim. Kami tidak mengerahkan rudal seperti Khorramshahr, Sejil, Shahid Haj Qasem, Kheibar Shekan atau Fattah-2. Kami memaksa Israel dan kubu Barat menggunakan persenjataan maksimum dengan hanya sedikit upaya pada pasukan kami," kata Komandan Pasukan Dirgantara Korps Garga Revolusi Islam (IRGC) Amir-Ali Hajizadeh dikutip Kantor Berita Tasnim.

Di sisi lain, serangan Iran itu memaksa Israel dan sekutu Baratnya mengeluarkan sumber daya maksimum berbiaya tinggi hingga Rp22 triliun, menurut sejumlah pakar.

Di antara sekian persenjataan Iran, rudal Khyber disebut-sebut sebagai salah satu andalan. Rudal Khyber diberi nama berdasarkan Perang Khyber yang bersejarah, di mana pasukan Islam mampu menaklukkan Yahudi. Rudal ini mampu mengirimkan muatan kuat dengan presisi luar biasa dan dirancang untuk mengirimkan jarak jauh.

Selain hulu ledak nuklir, Rudal Khyber Iran juga menawarkan opsi muatan serbaguna, termasuk hulu ledak konvensional dan non-konvensional. Fleksibilitas ini memungkinkan Iran untuk merespons berbagai ancaman, mulai dari sasaran militer tradisional hingga fasilitas strategis.

4. Memiliki akurasi tinggi.

Selain daya jangkau ribuan kilometer dan dilengkapi hulu ledak nuklir, Rudal Khyber Iran juga memiliki akurasi tinggi. Hal ini merupakan salah satu keunggulan rudak Khyber dibandingkan rudal generasi sebelumnya.

Tak hanya jitu membidik sasaran, rudal Khyber juga mampu menyesuaikan lintasannya pada fase penerbangan tengah di luar atmosfer bumi.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan

Topik Menarik