Apakah Harimau Hewan Terkuat? Ini Penjelasannya

Apakah Harimau Hewan Terkuat? Ini Penjelasannya

Teknologi | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:45
share

Harimau dikenal sebagai hewan ganas di hutan rimba. Tak hanya itu, kucing besar ini juga masuk dalam daftar hewan terkuat di dunia.

BACA JUGA - Bertaring Panjang, Inilah Wujud Seram Leluhur Harimau Jawa

Harimau merupakan karnivora darat terbesar ketiga. Setidaknya, mereka hanya kalah dari beruang kutub dan beruang coklat yang punya ukuran tubuh lebih besar.

Pada beragam jenisnya yang masih tersisa, harimau sangatlah ditakuti. Tak hanya oleh manusia, keberadaannya juga menjadi ancaman bagi hewan-hewan lain yang berpotensi menjadi mangsanya.

Melihat status tersebut, apa benar harimau ini adalah hewan terkuat di dunia?

Apa Harimau Hewan Terkuat?

Harimau biasa disebutkan sebagai predator puncak. Dalam hal ini, mereka tidak memiliki musuh alami, terkecuali manusia sendiri.

Pada kesehariannya, harimau juga menjadi pemburu soliter. Kebanyakan dari mereka mencari mangsa di malam hari dengan bantuan penglihatan tajamnya.

Namun, mereka juga tak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati mangsa jika menemukannya di siang hari. Hal ini menjadikannya cukup ditakuti hewan-hewan lain.

Bicara kekuatan, harimau memang menjadi salah satu hewan terkuat di dunia. Namun, jika dibilang paling kuat di antara hewan-hewan lain, rasanya belum.

Sebagaimana diketahui, harimau biasa mengandalkan kecepatan dan kekuatan saat berburu atau bertarung dengan hewan lain. Kendati begitu, masih ada sejumlah hewan di dunia yang dapat mengalahkannya.

Mengutip Wild Explained, terdapat hampir 9 juta spesies hewan di bumi yang tersisa saat ini. Di antara mereka, terdapat segelintir hewan yang mampu mengalahkan harimau dalam pertarungan satu lawan satu.

Beberapa di antaranya bisa disebutkan seperti gajah, beruang coklat, badak, atau bahkan singa. Namun, memang hewan-hewan tersebut tidak akan menghadapi pertarungan mudah melawan harimau. Terlebih, harimau sendiri adalah predator paling licik dan kuat yang akan mencari celah untuk membunuh lawannya.

Jadi, sekali lagi bisa dipahami bahwa harimau memang termasuk sebagai salah satu hewan terkuat di dunia. Namun, mereka belum dapat disebut sebagai ‘paling kuat’ karena masih berpotensi dikalahkan hewan lain.