Review Garmin vivomove Trend, Jam Tangan Pintar dengan Desain Analog

Review Garmin vivomove Trend, Jam Tangan Pintar dengan Desain Analog

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 24 Februari 2023 - 18:50
share

JAKARTA, iNews.id - Garmin awal bulan ini membawa jam tangan hybrid vivomove Trend. Berbeda dengan smartwatch kebanyakan di pasaran, jam tangan pintar ini mempunyai desain klasik analog.

vivomove Trend disokong desain klasik analog, yang dipadukan dengan fitur-fitur pintar seperti pelacakan stres, skor tidur, dan banyak lagi. Meski tampak seperti jam tangan analog, tapi Garmin vivomove Trend ini sudah tahan air hingga kedalaman 10ATM.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa fitur menarik yang disematkan di jam tangan pintar baru Garmin ini. Ingin tahu lebih mengenai jam tangan hybrid Garmin yang satu ini? Simak ulasannya di sini.

Review Garmin vivomove Trend

Desain dan Layar

Bagi penyuka jam tangan pintar tapi ingin desain anti-mainstream, vivomove Trend bisa menjadi salah satu pertimbangan. Secara desain jam tangan Garmin ini akan tampak seperti jam analog biasa, lengkap dengan detak jarum jam.

Menariknya, saat Anda men-tap dua kali pada layar, maka layar digital akan menyala. Ini yang disebut oleh Garmin sebagai smartwatch hybrid, menggabungkan tampilan analog dengan layar digital untuk informasi kebugaran.

Layar digital pada vivomove Trend hadir lebih besar dari pendahulunya, vivomove Sport, sehingga tampilan notifikasi kebugaran seperti baterai, langkah, pesan, dan cuaca lebih mudah dibaca. Garmin menawarkan empat warna untuk model jam tangan yang satu ini dan semuanya mempunyai warna yang soft. Adapun warna yang ditawarkan ini mencakup Deep Black, White Cream, French Gray, dan Mist Gray.

Smartwatch hybrid ini mempunyai bobot yang cukup ringan di tangan yakni hanya 28,3 gram untuk case. Sedangkan untuk beban jam tangan dengan tali silikon mencakup hingga 43,3 gram. Tali yang digunakan pada jam ini jenisnya silikon.

width=600

Berdasarkan pengalaman meski berbahan silikon, tali jam tangan vivomove Trend tidak membuat tangan gatal atau pergelangan tangan memerah. Karena bandnya begitu lembut dan disesuaikan dengan warna watch.

Beralih ke bagian belakang, Anda akan menemukan berbagai macam sensor. Di sisi belakang sudut juga akan ditemukan tempat untuk port pengisian perangkat, di mana model chargernya seperti capit.

Sekarang beralih ke layar. Garmin vivomove Trend berukuran 1.01 x 0.74 dengan resolusi 254x346 piksel. Jam tangan pintar Garmin ini juga sudah menggunakan jenis layar Hidden Greyscale Liquid Crystal.

width=600

Setup Jam Tangan Pintar

Seperti kebanyakan jam tangan di luar sana, untuk setup sebenarnya sangat mudah. Sebelum menggunakan jam tangan, Anda perlu plugin ke dalam sumber listrik untuk menyalakan perangkat. Sejajarkan klip dengan kontak di bagian belakang jam tangan. Colokkan kabel USB ke sumber listrik. Tanda jam sudah menyala adalah munculnya tulisan Halo! dalam berbagai bahasa.

Siapkan aplikasi Garmin Connect, lalu hubungkan smartwatch dengan aplikasi. Namun, tentu saja hal pertama yang perlu Anda coba adalah download aplikasi Garmin Connect di Play Store atau App Store.Setelah Anda berhasil terkoneksi, sebuah pesan muncul dan jam Anda akan disinkronkan secara otomatis.

Aplikasi Garmin Connect

Sebagai pengguna Garmin, Aplikasi Garmin Connect sangat dibutuhkan karena semua data catatan kebugaran akan disimpan dan diolah untuk menghasilkan analisis dan masukan untuk latihan atau workout setiap harinya.

Di aplikasi tersebut Anda juga bisa membuat Training Plan dan memanfaatkan fitur Garmin Coach. Garmin Coach menyediakan perencanaan latihan untuk lari dan sepeda, mulai dari lari 5K, 10K hingga half-marathon. Setiap harinya pengguna akan dipandu untuk melakukan latihan yang disesuaikan dengan kemampuan serta tips dari coach.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat membagikan berbagai aktivitas yang tercatat dengan mudah ke media sosial. Anda juga dapat terkoneksi dengan teman-teman dan membuat tantangan dengan pengguna Garmin lainnya.

width=600
Tampilan Garmin Connect

Fitur

Layaknya jam tangan pintar pada umumnya, Garmin vivomove Trend sudah dilengkapi sejummlah fitur untuk kesehatan. Diantaranya Pulse Ox, yang dapat digunakan untuk memantau konsentrasi dalam darah demi memahami seberapa baik tubuh mengambil asupan oksigen dan kondisi fisik keseluruhan.

Selain itu, ada fitur monitor detak jantung optikal, yang senantiasa memahami denyut jantung penggunanya di siang dan malam hari. Dia akan mengirimkan peringatan saat detak jantung terlalu tinggi atau rendah di luar ambang normal, dan memungkinkan Anda melacak kegiatan serta level aktivitas harian.

Perangkat juga mempunyai skor tidur, yang dihitung bertahap dengan menganalisis perubahan pada detak jantung, saturasi oksigen dalam darah, gerakan dalam tidur, dan fase tidur REM. Lalu ada usia kebugaran. Dengan menganalisis asupan oksigen maksimal (VO2 Max), usia, riwayat latihan, detak jantung istirahat, dan BMI atau lemak tubuh, jam dapat menghitung usia kebugaran dan memberikan penggunanya target usia ideal untuk dikejar.

Ada fitur unik lain yang mungkin tidak ditemukan di smartwatch selain Garmin, yaitu Body Battery. Indeks Body Battery membantu Anda melacak sisa energi yang tersimpan setelah seharian beraktifitas. Ketika Body Battery menyentuh angka 5, menandakan Anda sebaiknya beristirahat. Body Battery juga mempengaruhi kualitas tidur. Jika skor tidur Anda jelek, maka Body Battery tidak akan bertambah banyak.

Di sisi lain perangkat juga sudah dilengkapi dengan fitur khusus wanita, yaitu pelacak siklus menstruasi dan pelacakan kehamilan. Anda bisa memasukkan data gejala PMS secara manual sesuai dengan yang dirasakan dan juga dapat memonitor hari ovulasi. Sementara pelacakan kehamilan akan menampilkan update mingguan mengenai kehamilan Anda serta menyediakan informasi kesehatan dan nutrisi. Temukan fitur lebih dalam pelacak kehamilan dengan mengisi informasi seputar kehamilan di aplikasi Garmin Connect.

Selain itu, perangkat juga sudah dibekali pelacakan stres dan beragam mode olahraga yang cukup lengkap. Anda bisa menemukan fitur olahraga seperti berjalan, berlari, kardio, sepeda, strength, breathwork, yoga, pool swim, treadmill, dan lainnya.

Garmin vivomove Trend mengandalkan GPS dari smartphone, sehingga Anda harus memastikan bahwa penerimaan sinyal GPS di smartphone Anda baik, ketika akan digunakan untuk berjalan, berlari atau bersepeda.

Setelah itu, Anda hanya perlu untuk men-tap dua kali untuk memulai dan mengakhiri aktivitas. Jika sudah melakukan olahraga, jarak dan waktu yang ditempuh selama olahraga akan tersimpan secara otomatis dan dikirimkan ke aplikasi Garmin Connect.

Saya sendiri suka mengajak jam tangan Garmin ini untuk berolahraga seperti naik sepeda, jalan, hingga senam. Biasanya untuk bersepeda saya menghabiskan waktu selama 20-30 menit dengan kecepatan yang beragam, dan ini bisa terlihat di aplikasi Connect.

Selain kecepatan saat bersepeda, informasi lain juga akan terlihat pada aplikasi seperti heart rate. Pengguna akan diberitahu berapa rata-rata detak jantung dan maksimum saat berolahraga.

Pengguna juga akan diperlihatkan informasi lain seperti jumlah kalori yang terbakar setelah berolahraga, active calories, dan sisa kalorinya.

width=600

Lainnya

Karena tampilannya jam tangan analog, Garmin membuat notifikasi perangkat menjadi unik. Saat ada pesan muncul, notifikasi akan muncul dan Anda bisa memilih untuk menghapus pesan atau membalasnya.

Namun, untuk membalas pesan sudah ada template yang tersedia, Anda tidak bisa membalas sesuai dengan keinginan seperti lewat smartphone. Jika tidak ada notifikasi, maka jam akan terlihat seperti analog atau jam tradisional biasanya.

width=600


Baterai

Berbicara soal daya tahan, Garmin vivomove Trend ini cukup awet jika dibanding dengan yang ada di pasaran. Berdasarkan pengalaman menggunakannya, saat menggunakan jam selama 2 hari full masih tersisa 22 persen.

Penggunaannya untuk menemani olahraga, notifikasi yang muncul secara terus menerus, dan penggunaan lainnya. Namun, jika tidak mengaktifkan fitur pintar, jam kemungkinan akan lebih lama bertahan.

Untuk pengisian juga cepat, jam tangan kompatibel dengan pengisian nirkabel bersertifikasi Qi, sehingga memiliki lebih banyak opsi untuk mengisi daya saat bepergian atau perjalanan lainnya.

Kesimpulan

Smartwatch hybrid ini hadir dengan empat pilihan warna yakni Deep Black, White Cream, French Gray, dan Mist Gray. Untuk harga, jam tangan pintar Garmin ini dibanderol Rp 4.899.000.

Bagi yang suka dengan desain anti-mainstream tentu saja jam tangan ini bisa menjadi pilihan. Karena secara sekilas jam tampak seperti biasanya, tapi jika dilihat dengan seksama ada informasi yang tersembunyi di belakang jam analog.

Selain desain yang cantik, jam juga dilengkapi dengan fitur kesehatan layaknya jam tangan pintar pada umumnya. Tapi, ada beberapa fitur yang berbeda di sini seperti adanya Body Battery dan baterai yang bertahan berhari-hari.

Topik Menarik