Mengapa Developer Game Kesusahan Membuat Pintu? Ini Alasannya!
Kamu main game battle royale Free Fire? Kalau iya, pasti kamu sudah kenyang mendapatkan nyinyiran karena gim ini dianggap burik dan tidak punya pintu . Maklum, salah satu saingan terberatnya, PUBG Mobile , punya pintu yang bisa dibuka-tutup.
Memang beberapa waktu lalu Free Fire akhirnya memiliki pintu. Namun, hal tersebut terjadi karena gim buatan Garena ini sedang melakukan kolaborasi dengan franchise gim terkenal, Assassins Creed . Di permainan normal, keberadaan pintu masih belum terlihat.
Bagi pemain Free Fire , kehadiran pintu tidak terlalu penting. Kalau punya skill mumpuni, mau enggak ada rumah pun enggak masalah. Sebaliknya bagi pemain gim sejenis yang berpintu, mungkin pertanyaan seperti masa bikin pintu aja enggak bisa? akan terbesit di pikiran mereka.
Tapi kamu tahu enggak sih, kalau bikin pintu yang kesannya gampang banget ternyata bisa bikin developer pusing!
Pintu, Sederhana tapi Rumit
Pintu di sini merujuk kepada pintu interaktif yang bisa digerakkan oleh pemain. Kalau cuma pintu sebagai dekorasi, developer tidak akan terlalu kesusahan untuk membuatnya.
Coba sebutkan salah satu gim terbaik menurutmu. Red Dead Redemption ? Grand Theft Auto V ? Metal Gear Solid ? The Witcher ? Sekarang coba jawab, kamu inget enggak gimana bentuk pintu di gim-gim tersebut? Pasti kamu bakal kesulitan untuk mengingatnya.
Meskipun kesannya mudah terabaikan dan sederhana, nyatanya pintu interaktif dapat membuat para developer sakit kepala. Ironisnya, jika pemain tidak dapat mengingat pintu pada sebuah gim, artinya para developer telah berhasil melakukan tugasnya dengan baik.
Kenapa? Karena desain pintu mereka terlihat cocok dengan lingkungan gimnya , sehingga pemain akan tidak akan merasa aneh dan membuat mereka tidak memperhatikan pintu tersebut.
Kompleksitas Pintu di Dalam Gim
Doors #gamedev pic.twitter.com/7CJgKin1dE
Stephan Hvelbrinks (@talecrafter) March 9, 2021
Beberapa waktu lalu ketika isu pintu di dalam gim sedang banyak dibahas, lusinan developer mencurahkan isi hatinya terkait pembuatan pintu dalam gim. Salah satunya adalah Stephan Hvelbrinks yang menyatakan kalau pintu dapat menimbulkan berbagai macam bug .
Pendapat lain muncul dari direktur gim The Last of Us Part II , Kurt Margenau . Ia mengatakan kalau pintu merupakan bagian yang butuh waktu paling lama agar bisa berfungsi dengan benar .
Untuk gim AAA, adegan membuat pintu tentu harus dibuat sedetail dan semirip mungkin dengan dunia nyata. Karakter gim harus terlihat seperti memutar gagang pintu untuk membukanya, bukan sekadar mendorongnya seperti kebanyakan gim di masa lalu.
Masalah lain yang muncul dengan melibatkan pintu adalah ketika gim memiliki Non-Playable Character (NPC). Ketika pintu menabrak NPC, apakah pintunya yang berhenti atau NPC-nya yang jadi bergerak? Mungkin terdengar remeh, tapi percayalah ini menjadi masalah serius bagi developer gim.
Pintu yang Dihindari oleh Pembuat Gim
Akibatnya, banyak gim yang menghindari pembuatan pintu dalam alur gim. Mungkin kamu akan terkejut jika mengetahui fakta kalau banyak gim yang tidak memiliki pintu interaktif sama sekali.
Di gim RPG misalnya, kita jarang melihat adegan karakter membuka pintu. Seringnya, mereka berjalan ke arah pintu dan tiba-tiba sudah masuk ke dalam ruangan setelah kita menekan tombol tertentu.
Sebenarnya masih banyak benda lain yang juga susah untuk dikembangkan, seperti cermin dan tali. Hanya saja, pintu lebih familiar dengan kita sehingga lebih banyak mendapatkan perhatian.
Kenapa Free Fire Tidak Memiliki Pintu?
Lantas, mengapa gim Free Fire tidak memiliki pintu ketika kompetitornya punya? Ada beberapa alasannya, seperti memudahkan gameplay dan mengurangi biaya produksi. Seperti yang sudah disinggung di atas, pembuatan pintu interaktif dalam gim tidak mudah sehingga biayanya pun tidak sedikit.
Selain itu, mungkin Free Fire memang ingin tampil beda. Toh, para pemain masih bisa menikmati keseruan gim bergenre battle royale yang kompetitif meskipun tidak memiliki pintu yang bisa dibuka-tutup.
Bisa jadi, ini adalah strategi marketing dari Garena agar gim buatannya memiliki ciri khusus yang akan terus diingat semua orang!
***
Itulah tadi penjelasan mengapa developer game kesusahan membuat pintu. Ternyata hal yang sederhana pun bisa menjadi rumit, ya! Kalau menurutmu sendiri, pintu dalam gim itu penting enggak, sih? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!
Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTubeUniPin Gaminguntuk nonton konten game menarik.
Follow akun sosial media kami di:
Facebook:UP Station Indonesia
Twitter:@Upstationasia
Instagram:@upstation.asia
Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord:UniPin Official Community