5 Jenis SSD yang Umum Digunakan dan Wajib Diketahui

5 Jenis SSD yang Umum Digunakan dan Wajib Diketahui

Teknologi | okezone | Jum'at, 11 Maret 2022 - 08:03
share

JAKARTA - Jenis-jenis SSD (Solid State Drive) memang beragam, ia adalah salah satu perangkat keras tanpa piringan magnetis, fungsinya sebagai media penyimpanan.

Saat ini, SSD acap kali digunakan sebagai komponen pengganti Hard Disk Drive (HDD). Pasalnya, HDD memiliki kecepatan booting yang kalah cepat dengan SSD.

Umumnya, SSD memiliki berbagai jenis. Lantas, apa saja jenis SSD? Dirangkum dari berbagai sumber, guna mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

1. SSD SATA (Serial ATA)

Bagi pengguna perangkat elektronik satu ini, maka takasing lagi dengan SATA. SATA merupakan interface atau jalur akses data yang sebelumnya sudah digunakan pada teknologi HDD. Sebagian besar Laptop menggunakan jalur SATA ini untuk menghubungkan motherboard ke media penyimpanan seperti HDD.

Mengingat hal tersebut, maka SSD juga diberikan interface yang sama dengan menggunakan interface SATA yang dilengkapi dengan konektor SATA 3. Dengan begitu, Laptop keluaran lama yang menggunakan HDD SATA juga dapat menggunakan SSD dengan mengganti HDD SATA sebelumnya dengan SSD SATA.

Dari segi kecepatan, meskipun sama-sama menggunakan interface SATA, namun kecepatan SSD SATA bisa mencapai 300 hingga 500 persen dari HDD SATA. Kecepatan membaca data SSD SATA sekitar 500 MB/s (Mega Byte per sekon), sementar kecepatan menulis data sekitar 160 MB/s.

2. SSD mSATA

SSD mSATA memiliki bentuk faktor yang lebih kecil dari SSD standar dan dirancang untuk digunakan dengan perangkat portabel yang memiliki daya terbatas seperti laptop, tablet, dan netbook.

SSD mSATA juga telah digunakan dalam berbagai produk komersial seperti penanda digital, perangkat point-of-sale, kios ritel dan printer multifungsi. Ukuran SSD mSATA ini kira-kira sebesar kartu nama.

Kelebihan SSD mSATA selain bentuknya yang kecil adalah konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan atau getaran, serta memiliki kemampuan boot atau shutdown perangkat yang cepat. Contoh produk ini adalah SSD 850 EVO mSATA 1 Terabyte (TB).

Topik Menarik