KPU Kota Tasikmalaya Luncurkan Tahapan Kampanye dan Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2024

KPU Kota Tasikmalaya Luncurkan Tahapan Kampanye dan Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 18:30
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya resmi meluncurkan tahapan kampanye dan menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pilkada 2024. 

Acara yang berlangsung di Tamankota pada Rabu (25/9/2024) tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kota Tasikmalaya dan kelima pasangan calon (paslon) yang berkompetisi dalam kontestasi Pilkada Kota Tasikmalaya 2024.

Kelima pasangan calon yang hadir meliputi:

1. Nurhayati-Muslim (Nomor Urut 1)

2. Ivan-Dede (Nomor Urut 2)

3. Yusuf-Hendro (Nomor Urut 3)

4. Viman-Diky (Nomor Urut 4)

5. Yanto-Aminudin (Nomor Urut 5)

Peluncuran tahapan kampanye ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, serta penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh forkopimda, pimpinan partai politik, dan kelima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Pantauan di lokasi, kelima pasangan calon terlihat akrab satu sama lain, dan suasana persaingan yang biasanya muncul dalam momen politik seperti ini justru tidak tampak.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Asep Rismawan mengatakan, bahwa Pilkada 2024 akan menentukan masa depan Kota Tasikmalaya setidaknya untuk lima tahun ke depan. 

Ia menjelaskan, bahwa tahapan kampanye adalah waktu yang diberikan kepada para calon untuk meyakinkan pemilih agar dapat menentukan pilihan mereka saat pemungutan suara di bilik TPS.

“Tahapan kampanye ini pada dasarnya adalah kesempatan untuk meyakinkan pemilih agar memilih calon yang dianggap layak. Oleh karena itu, kami mengajak semua paslon, tim pendukung, dan partai pengusung untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, untuk mengajak pemilih datang ke TPS dan menjadi pemilih yang cerdas,” ujar Asep.

 

Ia berharap, dengan pengetahuan yang disampaikan oleh para calon mengenai visi dan misi mereka, masyarakat akan terdorong untuk memilih dengan hati nurani.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, mengapresiasi pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 oleh KPU yang dikemas dengan memadukan elemen budaya dan kesenian lokal.

Menurutnya, pendekatan ini tidak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat tetapi juga memperkuat identitas warga Kota Tasikmalaya yang menjunjung tinggi tradisi dan kearifan lokal.

“Kegiatan wisata pilkada ini merupakan upaya sosialisasi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Tasikmalaya terlibat aktif dan memahami betapa pentingnya proses demokrasi ini. Kami ingin mengubah cara pandang masyarakat bahwa pilkada bukan hanya kewajiban memilih, tetapi juga bisa menjadi momen yang menyenangkan,” kata Cheka.

Dalam acara ini, KPU Kota Tasikmalaya juga menyediakan stand bagi masing-masing pasangan calon untuk berinteraksi dengan warga. 

Para paslon memanfaatkan stand mereka dengan berbagai cara kreatif, seperti membagikan kaos, stiker, dan merchandise lainnya kepada pengunjung.

Topik Menarik