Menyambut Hari Batik Nasional, Hotel Borobudur Jakarta Gelar "Discover Art & Batik"

Menyambut Hari Batik Nasional, Hotel Borobudur Jakarta Gelar "Discover Art & Batik"

Ekonomi | tangsel.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:20
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, Hotel Borobudur Jakarta mempersembahkan "Discover Art & Batik" sepanjang Oktober 2024. Kegiatan selama satu bulan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia.

"Manajemen Hotel Borobudur Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pihak menyelenggarakan pameran batik dan Discover Art & Batik di lobi hotel," jelas Karina Eva Poetry, Director of Marketing Communications Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (2/10/2024) di Jakarta.

Karina menyebutkan bahwa lobi hotel merupakan etalase Indonesia bagi tamu-tamu dari berbagai daerah dan luar negeri. Oleh karena itu, pameran ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan batik yang sudah diakui dunia.

"Setiap tahun Hotel Borobudur Jakarta turut aktif dalam peringatan Hari Batik Nasional. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih mengenal dan menghargai kekayaan seni dan budaya Indonesia," ujar Karina.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IKJ Dr. Indah Tjahjawulan, M.Sn mengapresiasi pameran dan diskusi batik yang diadakan oleh Hotel Borobudur Jakarta. "Selama ini kegiatan serupa diadakan di kampus dan hanya disaksikan secara terbatas. Sekarang diadakan di hotel sehingga dapat disaksikan lebih banyak orang," ungkapnya.

 

"Terima kasih kepada Hotel Borobudur Jakarta yang telah menghadirkan karya-karya mahasiswa IKJ di hotel ini," tambah Dr. Indah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Hotel Borobudur Jakarta bekerja sama dengan Museum Batik Indonesia, Indonesia Heritage Agency (IHA) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, serta Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas KALBIS, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), SMA Al-Azhar Jakarta, SMA Labschool Jakarta, dan Digitalcom.

Program ini menampilkan desainer fashion batik Jessica Moretosee dan seniman Sarnadi Adam dengan karya-karya unik bertemakan batik dan seni Indonesia. Selain itu, ada berbagai penampilan seni dari Universitas KALBIS serta pertunjukan musik ansambel gitar dari siswa SMA Labschool Jakarta.

Fashion show batik oleh Jessica Moretosee mempersembahkan busana batik modern yang menggambarkan perpaduan sempurna antara tradisi dan inovasi.

Para tamu juga dapat berinteraksi dengan seniman dan desainer, serta mengikuti talk show bertema "Batik dan Seni dalam Kebudayaan Indonesia" dengan narasumber Karina Eva Poetry, seniman Sarnadi Adam, Dr. Madia Patra Ismar, S.Sn., M.Hum (Wakil Rektor III dari IKJ), serta Zambrud Setyanegara, perwakilan dari Indonesia Heritage Agency (IHA).

 

Di lobi hotel, pengunjung dapat melihat pameran dari Museum Batik Indonesia dan menikmati pameran seni yang menampilkan karya-karya dari institusi pendidikan yang berkolaborasi. Selain itu, terdapat booth yang menyediakan informasi dan karya seni unik, memberikan kesempatan bagi para tamu untuk menjelajahi dan menghargai hasil kreasi anak bangsa.

Kegiatan ini menampilkan berbagai pertunjukan seni dari berbagai medium, termasuk musik, tari, dan film. Pengunjung yang ingin belajar membatik dapat mengikuti sesi yang dipandu oleh seniman Sarnadi Adam untuk berkreasi langsung dengan teknik batik tradisional.

 

Topik Menarik