Pilgub Banten 2024, Gerindra Siap Berkompetisi Secara Sehat

Pilgub Banten 2024, Gerindra Siap Berkompetisi Secara Sehat

Terkini | tangsel.inews.id | Kamis, 4 Juli 2024 - 22:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Andra Soni-Dimyati telah memperoleh dukungan dari tujuh partai politik. Ketujuh partai tersebut adalah Partai Gerindra, Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebutkan bahwa Partai Golkar tidak setuju jika Ketua DPD Gerindra Banten Andra Soni menjadi calon wakil gubernur mendampingi Airin Rachmi Diany pada Pilkada Banten 2024.

Oleh karena itu, muncul pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah yang diusung Gerindra di Pilkada Banten.

"Ya, kami mendapatkan informasi bahwa pihak sana (Golkar) tidak berkenan jika Pak Andra Soni menjadi wagub di sana," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Gerindra menerima keputusan Golkar tersebut dan tidak memaksakan.

 

Habiburokhman membenarkan bahwa duet Andra-Dimyati merupakan respons atas penolakan Golkar terhadap Andra Soni. "Ya, kurang lebih pesan yang kami tangkap begitu," katanya. Namun, Gerindra memastikan hal tersebut tidak mengganggu soliditas partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Menurutnya, partai politik KIM sudah sepakat untuk berkompetisi secara sehat jika memang tidak bisa bersama pada beberapa wilayah pilkada.

"Jadi tidak ada masalah, kami menghormati teman-teman Partai Golkar, tapi kami juga punya aspirasi lain soal aspirasi kader di bawah," ujarnya. "Kami hormati sekali, dan kami siap berkompetisi secara sehat ke depan," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Gerindra mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati untuk Pilkada Banten 2024. Bakal pasangan ini juga telah mendapatkan surat rekomendasi dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Topik Menarik