NATO Khawatir Joe Biden Kalah Pilpres AS, Kenapa?

NATO Khawatir Joe Biden Kalah Pilpres AS, Kenapa?

Terkini | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 18:57
share

MOSKOW, iNews.id - Para pejabat NATO khawatir Joe Biden tak terpilih lagi dalam Pilpres AS 2024 pada November mendatang. Jika Donald Trump berkuasa, kebijakan AS terhadap NATO diyakini akan berubah total, termasuk soal perang Rusia-Ukraina.

Media AS Politico, mengutip beberapa pejabat NATO, Minggu (7/7/2024), melaporkan kembalinya Trump ke Gedung Putih bisa melumpuhkan upaya perang di Ukraina.

"Kita semua ingin Biden mendapat masa jabatan kedua untuk terhindar dari urusan dengan Trump," kata seorang sumber pejabat NATO.

Di sisi lain, para pejabat NATO juga mengungkapkan keraguannya soal kondisi kesehatan Joe Biden jika kembali menjadi presiden.

"Kami tidak yakin dia bisa bertahan empat tahun lagi, meski dia menang," kata pejabat NATO lainnya.

Isu soal kesehatan fisik dan mental Biden mengemuka setelah debat capres AS pertama yang digelar pada 27 Juni lalu. Dia tampak bingung dan tidak fokus saat debat melawan kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Debat itu juga memunculkan pertanyaan besar soal kemampuan kognitif pada berusia 81 tahun tersebut. Tak heran pasca-debat, desakan agar Biden mundur dari pencalonan bermunculan, termasuk dari internal Partai Demokrat. Namun Biden menegaskan tak akan mundur, seraya meyakinkan para politisi senior Demokrat, termasuk para gubernur.

Trump dan Biden akan menjalani debat kedua lagi pada 10 September mendatang.

Topik Menarik