Tips Buka Bisnis Travel dengan Mudah

Tips Buka Bisnis Travel dengan Mudah

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 18:30
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bisnis travel jadi salah satu opsi bisnis yang menarik dan menjanjikan untuk dikembangkan di Indonesia. Mulai dari banyaknya destinasi lokal wisata ataupun fakta bahwa bisnis travel punya banyak sub bisnis yang punya keuntungan menggiurkan. 

Sub bisnis travel sendiri misalnya terdiri dari penjualan tiket transportasinya, buka paket wisata atau dikenal dengan open trip, agen kegiatan keagamaan seperti agen travel umroh/haji, hingga bisnis penyewaan armada transportasi. Dari banyaknya sub bisnis tersebut, maka bisa difokuskan pada salah satu terlebih dahulu misalnya untuk jadi agen penjualan tiket. 

Tips Buka Bisnis Travel

Untuk yang ingin buka bisnis travel, ini dia tips yang bisa diikuti untuk tahu cara memulai bisnis travel:

1. Riset Kebutuhan Calon Konsumen

Karena banyaknya sub bisnis dalam bisnis travel, maka tentu penting untuk mempelajari kebutuhan konsumen. Dengan itu maka, bisnis bisa lebih terfokus dan pengembangannya bisa lebih maksimal. 

Jika di daerah sekitar Anda tidak tersedia agen tiket dan sebagian besar warganya belum paham pemesanan tiket transportasi secara online, maka tentu mulai bisnis penjualan tiket akan sangat menguntungkan. Anda bisa jadi agen tiket yang memesankan tiket pelanggan. 

2. Persiapkan Modal Usaha

Sebagai pebisnis tentunya harus ada modal yang disiapkan. Modal ini tergantung dari spesialisasi bisnis travel yang diambil. Cara memulai bisnis travel dengan modal yang terjangkau bisa dilakukan dengan menjadi agen tiket. 

Jika mengambil bisnis travel dari segi agen tiket, maka modalnya bisa lebih terjangkau karena hanya tinggal mencari mitra aplikasi pemesanan tiket dan melakukan promosi ke pelanggan. 

Contohnya dengan menjadi agen Fastpay, biaya pendaftarannya berkisar mulai dari 100 ribuan saja dan sudah bisa mengakses berbagai layanan PPOB, tiket, perbankan, hingga ekspedisi. 

3. Cari Aplikasi yang Membantu Pengembangan Bisnis

Karena transaksi saat ini lebih banyak dilakukan secara digital, maka tentu para agen perlu untuk memanfaatkan aplikasi untuk memulai bisnis. Termasuk juga bisnis pemesanan tiket. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan agen untuk memulai bisnis tiket adalah Fastpay. 

“Dengan Fastpay, agen bisa melayani transaksi pemesanan tiket berbagai moda transportasi. Mulai dari bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat terbang. Dari setiap tiket yang dipesan, para agen bisa mendapat komisi beberapa persen yang tentunya menguntungkan,” ujar Aditiya Sulistiawan, Manager Fastpay. 

4. Susun Rencana Bisnis

Sebagai pebisnis, tentunya ingin agar bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting untuk menyusun rencana jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. 

Mulai dari bagaimana cara promosi ke pelanggan, penyusunan SOP pelayanan, dan lainnya hingga bahkan dipikirkan juga cara untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor. 

 

Keuntungan jadi Agen Bisnis Travel

Memulai bisnis travel sendiri tentunya punya beberapa keuntungan selain pasar yang besar. Berikut ulasan singkatnya:

1. Bisnisnya Mudah Dijalankan

Salah satu faktor penting untuk menentukan kepuasan pelanggan adalah dari segi pelayanannya. Banyak karena bisnis travel ini berbasis jasa, maka tentunya para pebisnis harus menyiapkan jasa dan layanan terbaik untuk pelanggan. 

Untuk mendukung pelayanan pelanggan atau konsumen, maka pebisnis bisa memanfaatkan teknologi untuk mendukung aktivitas bisnisnya. 

Misalnya saja untuk bisnis tiket online, maka harus mencari aplikasi yang cocok untuk melakukan pemesanan tiket dari segi moda transportasi hingga rute perjalanannya. Disini para agen bisa memanfaatkan aplikasi keagenan seperti Fastpay atau yang lainnya untuk melayani pemesanan tiket pelanggan dengan cepat dan aman. 

2. Permintaan Pasar yang Selalu Ada

Bisnis travel termasuk dalam bisnis yang akan selalu ada peminatnya sepanjang tahun. Apalagi untuk musim-musim tertentu misalnya musim libur lebaran atau akhir tahun. Terlepas dari musim-musim tertentu, permintaan pasar untuk misalnya perjalanan dinas ataupun kegiatan lain akan selalu ada dan itu adalah sasaran dari agen travel. 

Memulai bisnis travel bisa dimulai dari sub bisnis yang paling mudah dijangkau. Persiapkan segala hal yang berkaitan dengan bisnis travel termasuk misalnya memilih aplikasi untuk mendukung kelancaran bisnis. 

Dengan komitmen dan konsistensi, bisnis travel Anda dapat tumbuh menjadi usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan. Jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan, karena pelayanan yang memuaskan adalah kunci kesuksesan dalam industri ini.
 

Topik Menarik