Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di TTS, Sebut Kunci Kemakmuran di NTT adalah Air

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di TTS, Sebut Kunci Kemakmuran di NTT adalah Air

Terkini | sumba.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 09:30
share

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di TTS, Sebut Kunci Kemakmuran di NTT adalah Air

TIMOR TENGAH SELATAN, iNewsSumba.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Rabu (2/10/2024) pagi lalu. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2017 lalu dan menelan angggaran Rp2, 7 triliun.

Presiden Jokowi menyatakan kunci kemakmuran masyarakat di NTT adalah air. Ditegaskan Presiden ke-7 RI itu, air merupakan barang yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

“Air merupakan barang yang sangat vital yang kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi di NTT.  Air begitu sangat pentingnya, sangat vital. Karena dengan air kita bisa menanam padi, karena dengan air kita bisa menanam singkong, karena dengan air kita bisa menanam jagung.  Utamanya sekali lagi di NTT, kunci kemakmuran NTT adalah air. Tanpa air jangan membayangkan Propinsi kita NTT akan makumur dan sejahtera,” papar Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir di NTT telah terbangun 4 bendungan besar.  Ke-4 yakni Rotikiilot, Raknamo, Napun Gete dan Temef yang barusan diresmikannya.

Bendungan Temef sendiri miliki luas genangan hingga 298 hektar. Bendungan ini bisa menampung air sebanyak 45 juta meter kubik.

Bendungan Temef nantinya bisa dimanfaatkan oleh petani di Desa Oenino, Desa Pene Utara, dan Desa Konbaki, yang tersebar pada 2 kecamatan di Kabupaten TTS.  Apalagi sebut Presiden Jokowi , selain bisa dimanfaatkan airnya untuk warga menanam jagung, singkong, dan padi diluasan 4500 hektar, juga bendungan ini bisa mereduksi banjir.

  

 

 

Topik Menarik