Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, UPKM/CD Bethesda YAKKUM dan Pemkab Sumba Timur Bersinergi

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, UPKM/CD Bethesda YAKKUM dan Pemkab Sumba Timur Bersinergi

Terkini | sumba.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 09:50
share

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Punya komitmen yang sama untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di masyarakat, Senin (23/9/2024) pagi lalu, UPKM/CD Bethesda Yakkum dan Pemkab Sumba Timur menandatangani nota kesepahaman atu MoU.  Kegiatan itu terlaksana di aula Pataula Kamba, Setda setempat.

Kesepakatan untuk bersinergi dan berkolaborasi antara UPKM/CD Bethesda Yakkum dan Pemkab Sumba Timur itu diharapkan bisa menciptakan layanan kesehatan di masyarakat lebih berkualitas. Asa itu sama-samu diungkapkan oleh Wahyu Priyo Saptono, Direktur UPKM/CD Bethesda Yakkum, dan Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing.

“Fokus layanan kami adalah pada isu kesehatan umum dengan terjun langsung ke Masyarakat untuk pemberdayaan,” tandas Wahyu Priyo.

UPKM/CD Bethesda Yakkum sendiri merupakan Yayasan Kristen yang sudah lebih dari 21 tahun berkarya. Di Pulau Sumba, kata wahyu, 4 Kabupaten yang ada telah pula menjadi locus pelayanan.

“Sanitasi total berbasis masyarakat seperti yang kami laksanakan di Sumba Tengah pada tahun 2018 lalu, sementara di Sumba Timur ini isunya terkait kesehatan primer yang masih terus berjalan programnya,” papar Wahyu sembari terus berharap dukungan dari Pemkab Sumba Timur melalui instansi terkait guna memberikan pemahaman pada masyarakat terkait pentingnya pola hidup dan lingkungan yang sehat.

 

Apresiasi terhadap niat dan karya UPKM/CD Bethesda Yakkum, diungkapkan oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing. Apalagi sebutnya, sektor Kesehatan adalah isu krusial, karena tidak hanya menjadi isu dan fokus Pemkab namun juga Nasional.

“Tentunya MoU hari ini kita akan tindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama, hingga nantinya program yang kita sama-sama laksanakan ke depan bisa benar-benar membumi,” tegas Khristofel.

Khristofel juga mengingatkan persoalan stunting yang masih harus dihadapi ke depannya. Sekalipun sebut dia, kini angka stunting ditekan hingga tinggal 11, 8 persen.

“Persoalan stunting dan ragam persoalan krusial lainnya yang masih harus ditanggulangi masih harus diperhadapkan realita terbatasnya sumber daya manusia dan pembiayaan. Karena itu pelibatan dunia usaha dan masyarakat sipil adalah sangat diperlukan, seperti halnya UPKM/CD Bethesda Yakkum ini, urai Khristofel.

Adapun MoU ditandatangani oleh Direktur UPKM/CD Bethesda Yakkum dan Bupati Sumba Timur. Selanjutnya untuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumba Timur.


UPKM/CD Bethesda Yakkum dan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumba Timur sepakat kerja sama - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

Hadir dalam momen ini, Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Rambu M.R.K.U. Djima, Kadis Kominfo, Syane Tamu Ina dan Christian UH Katundiang, selaku Kadis PMD. Hadir pula Asisten III Setda, Lu Pelindima dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Sumba Timur, Thomas Peka Rihi.

 

Topik Menarik