Orang Tak Dikenal” Tembak Mati Anggota Polres Puncak Jaya, Tiga Rekannya Lolos dari Pengejaran

Orang Tak Dikenal” Tembak Mati Anggota Polres Puncak Jaya, Tiga Rekannya Lolos dari Pengejaran

Terkini | sorongraya.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 02:00
share

 


JAYAPURA, iNewsSorong.id - Personel Polsek Ilu, Polres Puncak Jaya,Briptu Kiki Supriyadi dilaporkan gugur dalam tugas saat sedang berpatroli bersama tiga rekannya di Distrik Kalome, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.  

Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (26/09/2024) sekitar pukul 16.10 WIT, ketika mereka melintasi Kali Pagargom. Penyerangan dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK), yang melepaskan tiga kali tembakan dari arah belakang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam siaran pers resmi yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Kamis (26/9/2024) sore tadi membenarkan telah terjadi peristiwa tersebut.

"Pada kejadian tersebut, satu anggota kami, Personel Polsek Ilu Briptu Kiki Supriyadi, gugur dalam tugas,"ungkap Kabid Humas. 

Saat peristiwa terjadi, menurut Kabid Humas, korban bersama tiga orang rekannya tengah berboncengan menggunakan dua unit sepeda motor, tiba-tiba saat melintas di Kali Pagargom terdengar bunyi tembakan dari arah belakang sebanyak tiga kali.

' Pada saat itu Briptu Kiki berada di bagian belakang tertembak oleh OTK yang menyebabkan dirinya terjatuh,"beber Kabid Humas.

Lebih lanjut Kabid Humas mengungkapkan, saat ketiga rekannya hendak menolong korban, justru dikejar oleh pelaku menggunakan motor. Ketiga personel tersebut kemudian melaporkan peristiwa itu ke Polsek Ilu untuk meminta bantuan.

“Setelah menerima informasi adanya penembakan, Polsek Ilu kembali ke TKP guna mengevakuasi jenazah Briptu Kiki Supriyadi,” tuturnya.

Atas peristiwa itu, pihak Kepolisian saat ini tengah melakukan penyelidikan dan pengejaran untuk menangkap pelaku. Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara menegaskan bahwa tindakan tegas akan diambil dan pengamanan di wilayah tersebut telah diperketat untuk mencegah kejadian serupa.

"Kami akan mengejar pelaku atau kelompok yang bertanggung jawab atas aksi ini. Mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami juga tengah meningkatkan pengamanan di seluruh titik di Kabupaten Puncak Jaya guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan," tegas Kapolres.

Insiden penembakan yang menyebabkan gugurnya Briptu Kiki Supriyadi di Kabupaten Puncak Jaya merupakan salah satu dari sejumlah serangan terhadap aparat keamanan di wilayah Papua. 

Peristiwa semacam ini sering kali dikaitkan dengan ketegangan yang terjadi di daerah tersebut, di mana kelompok-kelompok bersenjata sering melakukan serangan terhadap aparat, termasuk polisi dan tentara.

Kejadian ini juga menunjukkan perlunya pendekatan menyeluruh yang mencakup keamanan, kesejahteraan, serta dialog untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas di Papua. Tantangan keamanan ini menjadi bagian dari isu yang lebih besar di wilayah tersebut, yang seringkali melibatkan dinamika politik, ekonomi, dan sosial.

Topik Menarik