UMS-Universiti Muhammadiyah Malaysia Kolaborasi Bangun Infrastruktur IT

UMS-Universiti Muhammadiyah Malaysia Kolaborasi Bangun Infrastruktur IT

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 10:50
share

SOLO, iNewsSleman.id - Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk membangun infrastruktur sistem Integrated Technology (IT). Penjajakan kerja sama dilakukan di Ruang Sidang Lembaga Riset dan Inovasi UMS, 7 Oktober 2024.

Vice Chancellor UMAM Prof. Ir. Dr. Waluyo Adi Siswanto dengan ditemani oleh Deputy Vice Chancellor UMAM Prof. Ir. Dr. Shahnor Basri menyampaikan maksud dan tujuan dari kerja sama, yaitu berkaitan dengan pengembangan sistem IT.

"Diharapkan UMAM mendapatkan progres terutamanya untuk di bidang fasilitas IT yang ada karena kita tidak ada sama sekali. Jadi UMAM ini tanpa IT system, Prof Shanor yang berjuang keras untuk menyiapkan bentuk-bentuk yang ada tanpa IT system," tutur Waluyo melalui siaran pers Humas UMS yang dikutip Rabu (9/10/2024). 

Sebelumnya dengan Ir. Bana Handaga, M.T., Ph.D dari Biro Teknologi Informasi UMS telah bekerja sama sebagai consultant IT UMAM dan selanjutnya untuk dapat membantu kepada tim IT sistem terintegrasi.

Selain itu, juga direncanakan untuk terjalin kerja sama riset antara UMAM dengan UMS sehingga bisa mendapatkan kerja sama bidang penelitian di ranah internasional. UMAM telah alokasi pendanaan, sehingga mengharapkan ada kontribusi dari UMS

"Sehingga baik UMAM dan UMS ada manfaat masing-masing, win win solution," ungkapnya.

Wakil Rektor V UMS Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D menyambut baik inisiasi ini karena ada kemanfaatan dan ini cukup bagus.Beberapa hal yang menjadi bagian dari kerja sama adalah UMS akan membantu untuk mengembangkan infrastruktur IT UMAM, seperti sistem teknologi penerimaan mahasiswa, sistem Kartu Rencana Studi, sistem nilai dan transkrip, portal web, dan otomatisasi dokumen MoU.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut juga disebutkan bahwa UMS selanjutnya akan membantu untuk melakukan maintenance sistem IT yang telah dibangun.

Topik Menarik