Kontes Robot Indonesia 2024 Resmi Dibuka, Dorong Lahirkan Talenta Bidang Robotik

Kontes Robot Indonesia 2024 Resmi Dibuka, Dorong Lahirkan Talenta Bidang Robotik

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 18:40
share

SOLO, iNewsSleman.id - Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat Nasional di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi dibuka, Rabu (3/7/2024). Kontes diikuti 142 tim dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Para peserta berasal dari 57 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air. Kejuaraan resmi dibuka di venue utama Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Terdapat 7 kategori yang diperlombakan pada KRI 2024, di antaranya Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H), Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI-B), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), serta Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) yang bekerja sama dengan Pondok Pesantren Assalam. 

“6 divisi kontes akan dilaksanakan di Edutorium, dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) akan dilaksanakan di Kolam Renang Internasional milik Pondok Assalam,” kata Ketua Panitia KRI 2024, Ir Rois Fathoni.

Staf Ahli Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin mengungkapkan perkembangan talenta bidang robotik mengalami peningkatan yang terus menerus. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu mendapatkan banyak mitra yang bergabung untuk membangun ekosistem robot Indonesia. 

“Robot menjadi perangkat mekanik yang dapat membantu pekerjaan dan tugas fisik, yang banyak berkembang di berbagai negara. Ajang ini merupakan kolaborasi dan kerja sama tim untuk meningkatkan komputasional thinking, untuk memastikan antisipasi terhadap masalah yang ada,” kata Tatang.

 

Dikatakannya, perkembangan teknologi robotik sangat bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Dia mencontohkan bagaimana sektor pertanian, pertambangan dan sektor lain dapat meningkat produktivitasnya. 

“Dalam upaya peningkatan talenta-talenta terbaik bangsa, Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden Tahun 2021 untuk memfasilitasi anak-anak muda dapat berkreasi, di antaranya, riset dan inovasi, seni budaya, serta olahraga,” ujar Tatang.

Rektor UMS Prof Sofyan Anif M.Si mengatakan, penyelenggaraan KRI dan tiap tahunnya telah melahirkan insan-insan pemikir dan pembuat robot berkemampuan tinggi. KRI 2024 menjadi ajang eksplorasi kemampuan dalam perancangan implementasi dan strategi serta pengembangan ide. 

“Di sini pentingnya pengembangan kemampuan kreativitas, inovasi dan strategi. Dengan ini kontes robot menjadi salah satu wahana mahasiswa dalam implementasi kreativitas dan inovasi melalui teori yang didapat di bangku kuliah,” tutur Sofyan Anif.

Dia menyebutkan, UMS menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaran ajang kreativitas dan inovasi yang diselenggarakan kepada UMS. 

 

Topik Menarik