Mengenal Teks Tanggapan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Mengenal Teks Tanggapan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Terkini | sindonews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:30
share

Artikel kali ini akan mengulas mengenai teks tanggapan. Mari mengenali pengertian, ciri-ciri, jenis, struktur, dan juga contoh penulisannya.

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain. Salah satu bentuk interaksi yang umum adalah dengan memberikan tanggapan atau reaksi terhadap sesuatu.

Baca juga: 10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Teks tanggapan merupakan salah satu jenis teks bahasa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, kita sering memberikan tanggapan terhadap suatu informasi, pendapat, ataupun karya kepada orang lain.

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah jenis teks yang meringkas, menganalisis, dan menanggapi teks lain, seperti teks sastra, artikel, berita, atau produksi seni pertunjukan. Teks tanggapan berisi penilaian berupa kritik dan pujian.

(Sujanto, 2004) mendefinisikan tanggapan sebagai deskripsi dari sebuah pengamatan yang muncul dari kesadaran seseorang setelah mereka melakukan pengamatan.

Baca juga: 10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa teks tanggapan itu sendiri dapat digambarkan sebagai sebuah teks yang dapat diekspresikan melalui komentar, penilaian, kritik, dukungan, dan sanggahan terhadap berbagai gagasan.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Berdasarkan pengertian diatas, berikut adalah ciri-ciri dari teks tanggapan.

- Memiliki 3 komponen, yaitu evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang. - Berisi fenomena yang sesuai dengan kenyataan (fakta), diikuti dengan alasan yang logis dan mendukung. - Bahasa yang digunakan dalam teks tanggapan harus sopan, jelas, dan rasional.

Jenis-Jenis Teks Tanggapan

Teks tanggapan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu teks tanggapan pujian dan teks tanggapan kritis. Berikut penjelasannya.

1. Teks Tanggapan Pujian

Teks tanggapan pujian adalah pernyataan positif yang bertujuan untuk mengagumi atau menghargai suatu hal. Pernyataan pujian digunakan untuk memuji sesuatu yang layak dikagumi.

Misalnya, dalam tugas prakarya di sekolah, teman Anda menghasilkan karya yang sangat bagus. Anda bisa mengungkapkan apresiasi Anda terhadap hasil kerja teman Anda.

Baca juga: 10 Contoh Teks Tantangan Lengkap Beserta StrukturnyaPernyataan tanggapan dengan pujian dapat terlihat seperti,“Menurut saya, novel ini sangat bagus. Alur ceritanya tidak biasa, tetapi cukup mudah dipahami.”

2. Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah sebuah tulisan yang berisi pendapat atau penilaian terhadap suatu karya, peristiwa, atau isu tertentu.

Berbeda dengan teks tanggapan pujian yang hanya fokus pada sisi positif, teks tanggapan kritis tidak hanya memberikan pujian, tetapi juga menyoroti kekurangan atau kelemahan dari objek yang ditanggapi.

Selain memberikan kritik, kita juga bisa memberikan saran atau menawarkan solusi yang harus disertai dengan argumen yang jelas dan konstruktif.

Contoh kalimat tanggapan yang mengandung kritik adalah:

“Desain tasnya bagus dan unik, namun harganya terlalu mahal. Tentu saja, itu hanya untuk individu kelas atas yang mampu membelinya.”

Struktur Teks Tanggapan

Pada umumnya, teks tanggapan memiliki 3 struktur, di antaranya ada evaluasi, deskripsi, dan penegasan. Berikut penjelasannya.

1. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian pertama dari teks tanggapan yang memberikan pernyataan atau penjelasan umum tentang hal, peristiwa, atau objek yang ingin disampaikan atau ditanggapi oleh penulis.

Dalam konteks ini, penjelasan dapat berupa jawaban atas pertanyaan seperti Apa yang ditanggapi? Kapan peristiwa itu terjadi? atau Di mana peristiwa itu terjadi?

2. Deskripsi

Deskripsi mencakup informasi tentang alasan untuk mendukung atau menolak pernyataan tersebut. Deskripsi juga dapat mencakup identifikasi dan klasifikasi.

Dengan begitu, kita dapat menambahkan kategori, kualitas, ataupun komponen dari sesuatu yang kita tanggapi dalam teks.

3. Penegasan Ulang

Bagian ini mencakup pernyataan yang mengekspresikan penilaian, baik dalam bentuk pujian maupun kritik.

Tentunya, setiap pernyataan pujian atau kritik harus didukung oleh fakta dan bukti. Jadi, bukan berdasarkan opini pribadi.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Setiap teks pasti memiliki kaidah kebahasaan yang berbeda-beda. Kaidah kebahasaan ini dapat dijadikan sebagai ciri khas atau karakteristik dari teks itu sendiri. Aturan tata bahasa teks tanggapan terdiri dari 3 hal, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Gunakan bahasa deskriptif untuk memberikan tanggapan yang lebih spesifik mengenai sesuatu

Bahasa deskriptif sangat penting dalam teks tanggapan karena berfungsi untuk memberikan gambaran yang jelas dan spesifik mengenai objek yang sedang ditanggapi.

Contoh: “Film itu menyajikan alur cerita yang menarik dengan plot twist yang tak terduga. Akting para pemainnya juga sangat natural, terutama karakter utama yang diperankan oleh…”

2. Terdapat kata pujian dan kritik yang harus disertai dengan fakta dan data yang mendukung, serta bahasa yang santun

Untuk membuat tanggapan menjadi lebih kredibel, perlu disertakan fakta dan data yang relevan. Fakta dan data ini berfungsi sebagai bukti untuk mendukung pendapat atau argumen yang disampaikan.

Meskipun sedang menyampaikan kritik, bahasa yang digunakan harus tetap santun dan sopan.

Contoh: “Menurut saya, penulis perlu memperbaiki alur cerita agar lebih logis. Buku ini terlalu banyak menggunakan kata-kata yang berbelit-belit sehingga sulit dipahami, terutama pada bab ketiga.”

3. Gunakan kalimat saran di akhir paragraf

Setelah menyampaikan pendapat atau kritik, sebaiknya diakhiri dengan memberikan saran atau masukan untuk perbaikan. Saran yang disampaikan harus konstruktif dan bermanfaat.

Contoh: “Film ini sangat membosankan. Namun, jika alur ceritanya diperbaiki dan karakter-karakternya dikembangkan lebih lanjut, film ini akan menjadi lebih menarik.”

Contoh Teks Tanggapan

Jakarta Sebagai Salah Satu Kota Termacet di Dunia

Dari dulu saya selalu menganggap bahwa Jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk bepergian.

Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol.

Dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan.

Pada tahun 2019 kemarin, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia dengan tingkat kemacetan sebanyak 53. Meskipun masih banyak hal yang mungkin perlu diperbaiki dan dioptimalkan.

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan memberikan pujian bagi Pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan Jakarta menuju ke yang lebih baik, dan berharap terus ditingkatkan.

Di sisi lain, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum saya rasa perlu ditingkatkan lagi seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT, serta angkutan umum lainnya.

MG/Inda Farahainnisa

Topik Menarik