Jacksen F Tiago: Timnas Indonesia Butuh Mukjizat ke Piala Dunia 2026!

Jacksen F Tiago: Timnas Indonesia Butuh Mukjizat ke Piala Dunia 2026!

Berita Utama | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:04
share

Jacksen Ferreira Tiago turut menyoroti peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu menuturkan bahwa Skuad Garuda harus memainkan enam pertandingan tersisa di fase Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan sempurna.

Saat ini Timnas Indonesia sudah mengumpulkan tiga poin dari tiga kali imbang, dan satu kekalahan. Hasil itu membuat Skuad Garuda terdampar di posisi kelima klasemen sementara Grup C.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia harus bekerja ekstra keras di enam pertandingan berikutnya. Sebab, hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke putaran final turnamen.

Baca Juga: Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos Langsung ke Piala Dunia 2026 Dampingi Jepang, Ada Kesempatan?Sedangkan, tim peringkat ketiga dan keempat kembali berjuang di putaran keempat. Jacksen menilai satu tiket ke Piala Dunia 2026 sudah hampir pasti diamankan Timnas Jepang.

Namun demikian, Jacksen mengakui Timnas Indonesia masih bisa bersaing untuk mendapatkan tempat kedua atau berjuang di putaran keempat. "Satu tempat saya rasa sudah jadi milik Jepang, di bawah itu ada Australia atau Arab Saudi, menurut saya Indonesia bisa sangat bisa bersaing. Tapi Indonesia harus lakukan semua hal dengan sempurna," kata Jacksen dikutip dari kanal YouTube Bola Bung Binder, Kamis (24/10/2024).

Menurut Jacksen, perjuangan Timnas Indonesia bukan hanya sekadar urusan mencetak gol saja. Akan tetapi, mantan penyerang Persebaya Surabaya itu mengatakan, Skuad Garuda harus bermain solid dan meminimalisir kesalahan kecil.

Baca Juga: PSSI Yakin AFC dan FIFA Tak Kabulkan Permintaan Bahrain

"Seperti ketika saya bersama Persebaya dan Persipura di Liga Champions Asia, kesalahan-kesalahan sekecil yang biasanya menyebabkan gol tidak boleh terjadi. Contoh gol pertama China kemarin (Indonesia kalah 1-2), sebuah kesalahan kecil menyebabkan gol. Kalau Indonesia mau lolos, Indonesia harus sempurna dari (menit) awal sampai akhir, tidak boleh menyebabkan kesalahan sekecil apapun," ujar Jacksen.

"Jika nanti Indonesia bisa finis di posisi ketiga dan itu menjadi sebuah mukjizat. Tinggal satu langkah lagi dan percaya proses," tambahnya.

Terdekat, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Jepang dan Arab Saudi. Dua pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 15 dan 19 November 2024 mendatang.

Topik Menarik