Bansos Diperluas, Prabowo Bakal Terbitkan Kartu Buat Lansia

Bansos Diperluas, Prabowo Bakal Terbitkan Kartu Buat Lansia

Terkini | sindonews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:33
share

Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal memperluas bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat kelas menengah bawah alias tidak mampu. Salah satu yang difokuskan adalah kartu bansos buat lansia.

Kabar ini disampaikan Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Budiman Sudjatmiko. Dia memastikan bantuan sosial yang diprogramkan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya bakal dilanjutkan oleh pemerintahan baru.

Baca Juga: Mayoritas Penerima Bansos Pilih Prabowo-Gibran

“InsyaAllah masih ada (bansos), itu adalah janji dari Kampanye Pak Prabowo dan Mas Gibran, akan dilanjutkan, bahkan ditambahkan kartu untuk lansia juga,” ujar Budiman saat ditemui wartawan di Istana Negara, Selasa (22/10/2024).

Budiman menyebut, Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan segera tancap gas untuk melakukan sinkronisasi dan akurasi data penerima bansos, sehingga penyalurannya lebih tepat sasaran.

“Itu yang ditugaskan pada kami adalah mensinkronkan, mempercepat, mengakselerasi, dan mengakurasikan, mempercepat dan membuatnya lebih tepat,” paparnya.

Salah satu bansos yang dipertahankan Prabowo-Gibran adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT). Adapun BLT merupakan bantuan pemerintah dalam bentuk memberikan uang tunai atau bantuan lainnya kepada masyarakat miskin. BLT sendiri bagian perlindungan sosial untuk menjaga dan melindungi warga miskin dari kerentanan.

Baca Juga: Kemenangan Prabowo-Gibran Dianggap karena Bansos, Otto Hasibuan: Sangat Menyakitkan

“Jadi akan dilanjutkan, tapi ditambahi bukan sekedar tadi itu. Bukan sekedar BLT, tapi juga peningkatan akses dan aset non tunai, itu juga penting bagi orang miskin,” ucap Budiman.

Topik Menarik