Contoh Peribahasa Menggunakan Kata Telur dan Ayam, Yuk Dicatat

Contoh Peribahasa Menggunakan Kata Telur dan Ayam, Yuk Dicatat

Terkini | sindonews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:43
share

Peribahasa merupakan salah satu materi yang dipelajari saat belajar Bahasa Indonesia. Artikel ini akan mengulas contoh peribahasa yang menggunakan kata telur dan ayam.

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan).

Makna lain peribahasa, seperti dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Selanjutrnya, kita cari tahu apa makna dari kata telur. Pertama, telur bermakna benda bercangkang yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas (ayam, itik, burung, dan sebagainya), biasanya dimakan (direbus, diceplok, didadar, dan sebagainya). Telur juga bermakna benda kecil-kecil bercangkang, (biasanya berkelompok) mengandung bakal anak, dihasilkan oleh binatang (cecak, buaya, penyu, nyamuk, kutu, dan sebagainya).

Baca Juga: Ilmuwan Klaim Temukan Jawaban Lebih Dulu Mana, Telur atau Ayam?

Sementara, ayam adalah unggas yang pada umumnya tidak dapat terbang, dapat dijinakkan dan dipelihara, berjengger, yang jantan berkokok dan bertaji, sedangkan yang betina berkotek.

Berikut ini SINDOnews tampilkan contoh peribahasa menggunakan kata telur dan ayam:

1. Telur di ujung tandukPeribahasa ini bermakna dalam keadaan yang sangat sulit (berbahaya)2. Telur sesangkak, pecah satu pecah semuaMakna peribahasa ini adalah bersatu hati dalam segala hal.3. Seumpama telur sesarang dierami induknyaPeribahasa ini bermakna anak yang maju dan sukses karena mendapatkan bimbingan dan didikan dari orang tuanya.4. Ayam itik raja pada tempatnyaPeribahasa ayam itik raja pada tempatnya bermakna setiap orang berkuasa di tempatnya atau di lingkungannya 5. Ayam putih terbang siangMakna peribahasa ayam putih terbang siang adalah mudah ketahuan (tentang perkara dan sebagainya).6. Ayam hitam terbang malamMakna peribahasa tersebut adalah sukar ketahuan (tentang perkara dan sebagainya). 7. Ayam ditambat disambar elangMakna peribahasa di atas adalah malang sekali. Bisa juga bermakna bernasib buruk.8. Ayam bertelur di padiPeribahasa ayam bertelur di padi bermakna seseorang yang hidup senang dan mewah.9. Ayam bertelur sebutir ribut seluruh negeri, penyu bertelur baribu-ribu tiada seorang pun yang tahu.Peribahasa ini bermakna orang yang baru memiliki sedikit kekayaan, tetapi sangat membanggga-membangkannya. Padahal, banyak orang yang lebih kaya.10. Bagai ayam pulang ke pautanMakna peribahasa tersebut adalah perihal seseorang yang merasa tidak canggung; sudah pada tempatnya.11. Ayam dapat musang pun dapatPeribahasa ayam dapat musang pun dapat memiliki makna berhasil menangkap pencuri berikut dengan barang curiannya.

Demikian contoh peribahasa menggunakan kata telur dan ayam. Semoga artikel ini bermanfaat.

Topik Menarik