Lawan Kepintaran AI China, Google dan Microsoft Siap Gunakan Nuklir

Lawan Kepintaran AI China, Google dan Microsoft Siap Gunakan Nuklir

Terkini | sindonews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:45
share

Saat ini China dan Amerika Serikat berlomba-lomba mengembangkan kecedasan buatan (AI). Bahkan Googgle dan Microsoft siap gunakan nuklir untuk inovasi AI nya.

BACA JUGA - AI China Melejit, AS Rancang Pusat Keamanan Kecerdasan Buatan

Google menandatangani kesepakatan dengan Kairos Power untuk menggunakan reaktor nuklir modular kecil (SMR) untuk memberi daya pada pusat data kecerdasan buatan (AI) mereka.

Reaktor pertama diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2030. Pada tahun 2035, reaktor ini akan menyuplai listrik sebesar 500 MW dengan emisi karbon nol.

Penggunaan tenaga nuklir yang lebih ramah lingkungan diharapkan dapat membantu Google mencapai tujuan operasi net-zero pada tahun 2030, setelah gagal memenuhi target keberlanjutan pada tahun lalu.

Reaktor nuklir modular ini dikembangkan oleh Kairos Power dan akan mulai beroperasi pada tahun 2030.

Pada tahun 2035, reaktor-reaktor ini akan memasok listrik sebesar 500 MW dengan emisi karbon nol.Kebutuhan energi yang tinggi untuk pusat data, terutama yang menjalankan layanan AI Google, menyebabkan perusahaan gagal memenuhi target untuk menjadikan operasi lebih berkelanjutan pada tahun lalu.

Penggunaan energi nuklir yang lebih ramah lingkungan diperkirakan akan membawa Google kembali ke jalur yang tepat untuk menjadikan operasi mereka net-zero pada tahun 2030.

Google bukan satu-satunya perusahaan yang mulai menggunakan tenaga nuklir untuk memenuhi kebutuhan pusat data.

Bulan lalu pembangkit listrik tenaga nuklir Three Mile Island yang berlokasi di Pennsylvania dihidupkan kembali untuk menghasilkan listrik yang dibutuhkan Microsoft.

Stasiun ini ditutup pada tahun 2019 karena tidak menguntungkan. Pembangkit listrik ini pernah mengalami krisis reaktor pada tahun 1979, yang hingga saat ini merupakan insiden paling serius yang melibatkan tenaga nuklir di Amerika Serikat.

Sementara itu, Three Mile Island, pembangkit listrik dekat Middletown, Pa., yang menjadi lokasi kecelakaan nuklir komersial terburuk dalam sejarah AS, akan dibuka kembali untuk memberi daya pada pusat data Microsoft, yang bertanggung jawab untuk memberi daya pada program komputasi awan dan kecerdasan buatan raksasa teknologi itu.

Constellation Energy , yang menyebut dirinya sebagai produsen "energi bersih dan bebas karbon" terbesar di Amerika , mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka telah menandatangani perjanjian pembelian listrik terbesar yang pernah ada dengan Microsoft.

"Untuk mendukung berbagai industri yang penting bagi daya saing ekonomi dan teknologi global bangsa kita, termasuk pusat data, diperlukan energi berlimpah yang bebas karbon dan andal setiap jam setiap hari, dan pembangkit listrik tenaga nuklir adalah satu-satunya sumber energi yang secara konsisten dapat memenuhi janji tersebut," kata Joe Dominguez, presiden dan CEO Constellation Energy seperti dilansir dari The New York Times.

Kesepakatan itu akan menciptakan sekitar 3.400 lapangan pekerjaan dan mendatangkan lebih dari USD3 miliar pajak negara bagian dan federal, menurut perusahaan tersebut . Perusahaan itu juga mengatakan kesepakatan itu akan menambah USD16 miliar pada PDB Pennsylvania.

Perjanjian tersebut akan berlangsung selama 20 tahun, dan pabrik tersebut diharapkan akan dibuka kembali pada tahun 2028. Nama pabrik tersebut akan diubah menjadi Crane Clean Energy Center untuk menghormati Chris Crane, yang meninggal pada bulan April dan menjabat sebagai CEO perusahaan induk Constellation sebelumnya.

Bill Gates akan menggunakan nuklir: Bagaimana proyek terbarunya dapat memberi daya pada rumah-rumah di AS dan AI.

“Industri energi nuklir Pennsylvania memainkan peran penting dalam menyediakan listrik yang aman, andal, dan bebas karbon yang membantu mengurangi emisi dan mengembangkan ekonomi Pennsylvania,” kata Gubernur Josh Shapiro.

Topik Menarik