Bacaan Wirid saat Kecewa dari Gus Baha, Ternyata hanya Berupa Tasbih

Bacaan Wirid saat Kecewa dari Gus Baha, Ternyata hanya Berupa Tasbih

Terkini | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:41
share

Bacaan wirid saat kecewa dari Gus Bahaatau Ahmad Bahauddin Nursalim ini dapat diamalkan oleh umat muslim jika sedang putus asa menghadapi berbagai ujian.

Pada dasarnya rasa kecewapastilah pernah dialami oleh setiap umat manusia. Meski begitu, Allah SWT telah memerintahkan umat manusia untuk sabar dalam menghadapi berbagai ujian.

Allah SWT berfirman :

[arabOpen]يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ[arabClose]

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah : 153)

Terdapat berbagai cara seseorang untuk menumbuhkan rasa sabar, mulai dengan meningkatkan ibadah sunnah, berdoa, hingga selalu bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan.

Bacaan Wirid saat Kecewa dari Gus Baha

Selain beberapa cara di atas, ada bacaan wirid saat kecewa dari Gus Baha yang dapat pula diamalkan. Penceramah asal Rembang itu mengungkapkan jika bacaan 'Tasbih' adalah obat dari rasa kecewa.

Gus Baha menandaskan bahwa tasbih ini merupakan bacaan yang luar biasa sebab isinya merupakan pengakuan atas KeMaha Sucian Allah SWT.

Dalam sebuah ceramah yang diunggah dalam akun Youtube @Santrigayeng, Gus Baha menyebutkan jika "Kalau kecewa itu disuruh mengganti tasbih, makanya tasbih itu wirid yang luar biasa."

"Terserah tasbih kamu apa misalnya tadi subhanallah wabihamdih adada khalqih," lanjutnya.

Sehingga dalam hal ini Gus Baha tidak membatasi mau bacaan tasbih seperti apa yang nantinya dipanjatkan. Berarti bacaan tasbih secara singkat juga dapat dilakukan oleh setiap umat muslim yang merasa kecewa.

[arabOpen]سبحان الله[arabClose]

'Subhanallah'

Artinya : "Maha Suci Allah"

Menurut Gus Baha, "sesuatu yang baik dan buruk itu dari Allah SWT, meskipun terkadang kita merasa janggal dengan hal tersebut."

Karena itulah tasbih menjadi salah satu bacaan wirid saat kecewa menurut Gus Baha. Tentunya umat muslim dapat melengkapinya dengan zikir lain atau menambahkan bacaan tahmid dan takbir.

Baca juga:Kiat Menyembuhkan Rasa Kecewa dan Patah Hati Sesuai Tuntunan AgamaWallahu A'lam

Topik Menarik