5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana

5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana

Terkini | sindonews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 09:49
share

Lima fakta jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 akan diulas di artikel ini. Satu di antaranya, muncul spanduk ajakan antar Prabowo ke Istana.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Sejumlah persiapan dilakukan dalam menyambut momen bersejarah tersebut.

Berikut ini SINDOnews tampilkan 5 fakta jelang pelantikan presiden dan wapres 2024-2029:

1. Gladi Bersih di Gedung Nusantara

5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana
MPR RI menggelar gladi kotor pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Foto/Arif Julianto

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) berencana menggelar gladi bersih untuk acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah mengatakan, seluruh pimpinan MPR RI akan menghadiri acara gladi bersih tersebut.

"Insyaallah pimpinan MPR RI sembilan orang besok akan menyaksikan gladi bersih," kata Siti saat ditemui di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

2. Tokoh Nasional dan Pemimpin Dunia Hadir

Sejumlah tokoh nasional dan pemimpin dunia dijadwalkan hadir dalam acara pelantikan tersebut. Para mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, kandidat Pilpres 2024, serta para pemimpin dunia maupun utusannya akan hadir.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, tamu-tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan mulai berdatangan hari ini, Sabtu (19/10/2024). Mereka akan tiba di dua lokasi yakni Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta.

Heru mengatakan, bakal ada 20 pimpinan negara yang akan hadir untuk pelantikan Prabowo. Ditambah satu utusan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebanyak 13 utusan khusus Kepala Negara juga akan hadir. “Ada utusan PBB ya, jadi kepala negara 20 plus 1 di kawasan Eropa, jumlah perwakilan utusan khusus kepala negara 13."

3. TNI dan Polri Siapkan Pengamanan

5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana
Simulasi pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Foto/Arif Julianto

Sebanyak 100 ribu prajurit TNI dari tiga matra diterjunkan dalam pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden besok. "Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden. Jumlah personel dari TNI 100 ribu," ujar Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto seusai Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024)

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, KSAD Siap Tambah Pengamanan jika Euforia Meningkat

Agus mengatakan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan kepolisian demi kelancaran acara selama proses pelantikan. Anggota Paspampres yang berjaga di Ring 1 atau pengamanan tamu VVIP akan diperkuat dengan pasukan sniper. "Ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan Ring 2, 3 pasukan TNI dan kepolisian," tuturnya.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya mengerahkan 15 ribu anggota untuk mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024.

Kapolri menambahkan, dalam pengamanan ini pihaknya membagi menjadi delapan satuan tugas (satgas). "Tentu yang harus kita antisipasi adanya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan, termasuk mungkin mendoakan," ujarnya.

4. Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana

5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana
Spanduk ajakan mengantar Prabowo Subianto ke Istana. Foto/Dzikry Subhanie

Sehari jelang pelantikan Presiden dan Wapres 2024, muncul spanduk ajakan mengantar Prabowo Subianto ke Istana. Pantauan SINDOnews, Sabtu (19/10/2024), spanduk tersebut antara lain terpasang di Jalan Sagu, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di bagian kanan Ssanduk putih tersebut ada foto Prabowo Subianto dan logo Partai Gerindra. Spanduk tersebut bertuliskan "Ramaikan. Antar Presiden Prabowo ke Istana."

Ada juga informasi tentang titik kumpul di Jalan Sudirman-Thamrin dan waktunya, yakni 20 Oktober 2024, pukul 08.00 WIB-selesai.

5. Ada 13 Titik Panggung Pesta Rakyat

Sebanyak 13 panggung pesta rakyat didirikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Berikut ini 13 Titik Panggung Pesta Rakyat di Sudirman-Thamrin:

1. Panggung Sumatera: Depan Gedung BRI2. Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza3. Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower4. Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI) 5. Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah6. Panggung Papua: Bunderan Patung Kuda7. Panggung Merah Putih: Taman Pandang Depan Istana Merdeka8. Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental 9. Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland10. Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya11. Panggung Rakyat: Area Chillax 12. Panggung Rakyat: Pintu 6 GBK13. Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman.

Masyarakat yang ingin menghadiri acara tersebut diimbau naik kendaraan umum. Sementara, bagi yang membawa kendaraan pribadi, disiapkan lokasi kantong parkir di antaranya di Pelantaran Parkir IRTI Monas, TPE Sabang, Wisma Nusantara, Wisma Mandiri, Djakarta Theatre, Gedung Sarinah, Hotel Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Gedung Parkir Taman Menteng, Mandarin Oriental, Gedung The City Tower, Wisma 46, Wisma 46 Outdoor, Gedung BNI 46, Intiland Tower, FX Sudirman, STC Senayan, Plaza Senayan, GBK, Jalan Veteran 1, D'Cost Abdul Muis, Container Park Abdul Muis, Stasiun Gambir, dan Pasar Benhil. Dzikry Subhanie, Achmad Al Fiqri, Binti Mufarida, Danandaya Arya Putra, Riyan Rizki Roshali, Muhammad Refi Sandi

Topik Menarik