Praktis, Ini Cara Mengubah Foto Format HEIC ke JPEG

Praktis, Ini Cara Mengubah Foto Format HEIC ke JPEG

Terkini | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:35
share

File High Efficiency Image Format (HEIC) alias gambar kontainer efisiensi tinggi dapat menyimpan banyak gambar sebagai kumpulan dalam satu file. Format ini diadopsi oleh Apple sebagai varian HEIF dengan peluncuran iOS 11.

Terdapat cara mengubah foto yang tersimpan di iPhone dan Mac disimpan dalam format HEIC secara default. Sayangnya, pengguna tidak dapat membuka dan mengedit HEIC secara langsung dengan beberapa program. Sebagai gantinya, pengguna harus mengonversi HEIC ke JPG di Mac sebelumnya.

Melansir berbagai sumber, Jumat (18/10/2024), berikut cara mengubah file HEIC menjadi format JPEG :

A. Konversi HEIC ke JPG di Mac dengan WidsMob Viewer Pro

WidsMob Viewer Pro menjadi konverter HEIC ke JPG serbaguna di Mac. Cara ini mendukung sebagian besar format foto dan file video, termasuk HEIC. Pengguna dapat memilih file HEIC yang diinginkan dalam mode Favorit, memeriksa EXIF gambar HEIC, menelusuri foto dalam mode berbeda, dan bahkan mengedit gambar.

Baca Juga: Tinggalkan Intel, Mac Akan Ditenagai Apple Silicon

1. Mendukung JPEG, HEIC, PNG, TIFF, RAW, MP4, dan banyak lagi format file lainnya.

2. Konversikan file HEIC yang dipilih ke JPG dengan mode Favorit dalam proses batch.

3. Tweak format foto, kualitas file, dan folder tujuan sebelum konversi.

4. Lihat file HEIC dalam layar penuh, thumbnail, atau informasi EXIF dengan mudah.

5. Luncurkan WidsMob Viewer Pro setelah menginstal program. Temukan file HEIC yang perlu dikonversi, seret dan lepas ke dalam program. Kemudian lihat file HEIC dalam layar penuh, thumbnail, atau bahkan memeriksa file EXIF.

6. Untuk memilih file HEIC yang diinginkan untuk dikonversi, pengguna dapat masuk ke mode layar penuh dan klik tombol Bintang ikon di kiri bawah antarmuka. Pilih semua file HEIC yang ingin dikonversi. Klik Kesukaanku ikon untuk memeriksa file HEIC yang telah dipilih.

7. Klik Sekumpulan tombol dan pilih Konversi Batch ikon untuk mengonversi HEIC ke JPG di Mac. Cukup pilih JPEG, PNG, BMP, dan TIFF sebagai format output. Pilih folder tujuan sebelum mengklik mengubah tombol untuk mendapatkan foto yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Cara Transfer Foto dari Perangkat Apple ke Mac atau PC

B. Konversi HEIC ke JPG di Mac dengan WidsMob HEIC

Untuk mengonversi HEIC ke JPEG dan format file lainnya di Mac, WidsMob HEIC menjadi solusi HEIC profesional untuk mengonversi file HEIC/HEIF.

Selain format JPEG, PNG, dan TIFF, pengguna dapat mengonversi HEIC/HEIF ke file GIF animasi. Cara ini mendukung HEIC, Live Photos, urutan animasi, dan banyak lagi foto lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memutar gambar, mengubah ukuran HEIC, dan mengganti nama file dalam proses batch.

1. Konversi HEIC ke JPEG, PNG, TIFF, GIF, dan banyak lagi format file lainnya.

2. Mendukung HEIC, HEIF, HEIC, dan HEIF yang memiliki banyak lapisan foto.

3. Menyediakan fitur pengeditan, seperti memutar gambar dan mengubah ukuran HEIC.

4. Pratinjau file HEIC dari iPhone dengan mode thumbnail dan layar penuh. Unduh dan pasang WidsMob HEIC, pengguna dapat meluncurkan program di MacBook. Klik tombol Impor untuk mengimpor file HEIC atau drag-n-drop file HEIC. Pengguna dapat melihat foto dalam bentuk thumbnail, atau mengklik dua kali browser HEIC dalam layar penuh.

5. Saat mengimpor file HEIC ke dalam program, pengguna dapat memutar gambar dalam proses batch. Selain itu, dapat mengubah ukuran HEIC dalam 4 mode berbeda, seperti By Width, By Height, Percentage, dan Free. Hal ini juga memungkinkan untuk memperbesar gambar yang lebih kecil.

6. Klik Mulai konversi untuk memilih folder tujuan untuk file yang dikonversi. Kemudian pilih JPEG sebagai format output untuk mengonversi HEIC ke JPEG di Mac dan menyesuaikan kualitas untuk mendapatkan foto yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan

C. Konversi HEIC ke JPG dengan Pratinjau di Mac

Aplikasi Pratinjau menjadi default untuk mengonversi HEIC ke JPG di Mac. Ini adalah penampil dan konverter HEIC bawaan untuk semua perangkat MacBook. Ini sangat sederhana dan tidak menyediakan fungsionalitas lanjutan, yang dapat memenuhi kebutuhan dasar, seperti mengonversi HEIC ke JPG. Versi lama di Mac OS sebelumnya mungkin tidak berfungsi dengan file HEIC.

1. Buka gambar HEIC di aplikasi Pratinjau di Mac. Jika Pratinjau adalah penampil foto default di computer, hanya perlu mengklik dua kali HEIC untuk membukanya. Pengguna juga dapat membuka gambar HEIC di aplikasi Pratinjau dengan mengklik File menu dan pilih Open.

2. Tarik ke bawah File menu dan pilih Ekspor pilihan. Sekarang dialog konversi akan muncul. Masukkan nama file dalam dialog Ekspor Sebagai. Pengguna juga dapat mengatur beberapa tag. Klik opsi Where dan pilih folder output untuk file JPEG output di MacBook.

3. Pilih JPEG sebagai format file di dibentuk pilihan. Kemudian sesuaikan kualitasnya sesuai keinginan. Klik Simpan tombol untuk mengonversi HEIC ke JPG di Mac. Setelah itu,pengguna dapat menemukan dan melihat pratinjau file JEPG yang dikonversi di lokasi yang ditetapkan.

D. Konversi HEIC ke JPG dengan Foto di Mac

Jika ingin menyimpan file HEIC dari iPhone ke Mac dalam format JPEG, Foto adalah metode default dengan menyinkronkan file HEIC dari iPhone ke MacBook, lalu mengonversi HEIC ke format JPEG di Mac dengan langkah-langkah berikut.

1. Pastikan memiliki lingkungan Wi-Fi yang sama untuk iPhone dan MacBook. Kemudian sinkronkan file HEIC dari iPhone ke MacBook secara otomatis. Cukup lihat pratinjau HEIC dalam aplikasi Foto di MacBook.

2. Seret dan jatuhkan gambar HEIC ke desktop atau folder lain di dalam Finder. Ini akan mengonversi HEIC ke JPEG di Mac secara otomatis. Tentu saja, Anda juga dapat mengklik File menu dan pilih Ekspor tombol untuk menentukan format file output.

Topik Menarik