Diserbu Mobil Listrik China, BMW Siap Banting Harga

Diserbu Mobil Listrik China, BMW Siap Banting Harga

Otomotif | sindonews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:52
share

BMW dan produsen mobil Eropa lainnya meningkatkan jajaran kendaraan listrik mereka dengan mobil kecil yang dapat bersaing langsung dengan mobil impor China yang lebih murah.

BACA JUGA - BMW M5 Menuai Kritik Pedas, Ini Respons Bos Besarnya

Seperti dilansir dari Asia Nikkei, Kamis (17/10/2024), beberapa perusahaan bahkan bermitra dengan pesaing China untuk mencoba membendung kemerosotan penjualan.

Di Paris Motor Show yang berlangsung hingga Minggu, BMW meluncurkan dua kendaraan listrik dengan merek Mini kompak di depan mobil bermerek BMW mana pun sebagai tanda dominasinya di pasar kendaraan listrik Eropa.

Sementara itu, Volkswagen menghadirkan model entry-level dari ID.3 EV kompaknya yang awalnya diproduksi di Prancis dengan harga 33.990 euro, namun harganya telah dipotong menjadi 27.990 euro

Kendaraan listrik Eropa baru seperti Renault 4, yang diluncurkan di Paris oleh produsen mobil Prancis sebagian besar termasuk dalam segmen B Eropa untuk mobil kecil.

Peralihan ke kendaraan yang lebih kecil berasal dari penurunan penjualan kendaraan listrik di Eropa, yang turun enam persen pada tahun ini menjadi 1,21 juta unit di 31 negara dari Januari hingga Agustus, menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Negara-negara seperti Jerman yang mengakhiri subsidi pembelian kendaraan listrik mempunyai dampaknya, namun penyebab langsungnya adalah preferensi produsen mobil Eropa terhadap kendaraan listrik berukuran besar dengan margin keuntungan yang lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan beberapa opsi dalam kisaran harga yang lebih rendah dan menaikkan harga EV secara keseluruhan.

Tingginya harga telah membuat beberapa pelanggan menjauh.

Saat ini, pangsa kendaraan segmen B di antara kendaraan listrik adalah 17 persen, jauh lebih sedikit dibandingkan 37 persen di antara kendaraan bertenaga mesin, menurut survei yang dilakukan oleh Federasi Transportasi dan Lingkungan Eropa (T&E).

Untuk kendaraan segmen D yang mencakup SUV dan model besar lainnya, rasionya adalah 28 persen untuk kendaraan listrik dan 13 persen untuk kendaraan bermesin.

Kepemimpinan produsen mobil China dalam kisaran harga rendah akan mempersulit perusahaan-perusahaan Eropa untuk memperoleh pangsa pasar.

T&E dan pihak lainnya memproyeksikan bahwa kendaraan listrik yang diekspor ke Uni Eropa dari China oleh produsen mobil seperti BYD, yang menyumbang delapan persen dari total ekspor negara tersebut pada tahun 2023, akan melebihi 14 persen pada tahun 2025 dan 20 persen pada tahun 2027.

Topik Menarik