Penyebab Motor Susah Dihidupkan, Jangan Panik Cek Komponen Ini

Penyebab Motor Susah Dihidupkan, Jangan Panik Cek Komponen Ini

Otomotif | inews | Rabu, 18 September 2024 - 07:11
share

JAKARTA, iNews.id - Menghidupkan mesin sepeda motor secara umum ada dua cara, yaitu melalui kick starter atau engkol dan menekan tombol electric starter. Namun, sebagian motor ada yang tidak dilengkapi kick starter yang membuatnya sulit dihidupkan ketika bermasalah di jalan.

Kick starter tetap menjadi salah satu opsi untuk dapat menghidupkan kendaraan bermotor sebelum digunakan. Cara ini dilakukan apabila sepeda motor mengalami masalah pada kelistrikan atau aki habis.

Pemilik kendaraan terpaksa menggunakan kick starter karena ada kendala dengan sistem electric starter. 

“Metode engkol atau kick starter dapat menjadi solusi apabila terjadi kendala pada sistem electric starter sepeda motor Honda. Meski jarang digunakan, konsumen tetap perlu untuk memperhatikan komponen ini sehingga tetap dapat berfungsi dalam keadaan darurat,” kata Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dalam keterangan tertulis dilansir Rabu (18/9/2024).

Lalu, apa penyebab motor susah dihidupkan? Wahyu membeberkan penyebab motor sulit dihidupkan, sebagai berikut.

1. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian pada kendaraan bermotor perlu perhatian lebih pada bagian busi, kabel pengapian atau CDI karena komponen tersebut memiliki tugas utama untuk menghasilkan api di ruang bakar.

2. Klep Motor Macet

Bila komponen bermasalah, klep tidak dapat terbuka atau menutup sempurna sehingga bahan bakar tidak mengalir dengan optimal ke ruang mesin.

3. Karburator Bermasalah

Karburator miliki fungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar di ruang mesin, apabila komponen tersebut kotor atau rusak maka aliran bahan bakar akan terganggu.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar tidak optimal serta mempengaruhi kualitas pembakaran di ruang mesin.

5. Aki Motor Lemah

Aki yang mengalami kendala akan membuat daya listrik tidak dapat mengalir dengan maksimal sehingga sepeda motor akan sulit dihidupkan.

Topik Menarik