Dies Natalis ke-10 Departemen Ilmu Komunikasi UNY Luncurkan 10 Buku

Dies Natalis ke-10 Departemen Ilmu Komunikasi UNY Luncurkan 10 Buku

Terkini | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 21:01
share

Memperingati Dies Natalis ke-10 Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) me-launching sebanyak 10 buku seputar dunia ilmu komunikasi, studi media dan informasi yang ditulis oleh dosen di Departemen Ilmu Komunikasi UNY.

baca juga: UNY Buka Program Magister Manajemen, Segini Biaya Kuliahnya

“Buku yang kami rilis bertujuan sebagai motivasi bagi dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya. Harapannya, buku ini dapat berkontribusi untuk pengembangan keilmuan terutama bidang Komunikasi dan Media,” ujar Benni Setiawan, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum dan Sumber Daya Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (Fishipol UNY).

Adapun 10 buku yang diluncurkan dalam Milad ke-10 tersebut, yakni Media dan Gender, Literasi Digital dan Literasi Emosi dalam Tayangan Digital, Strategi Komunikasi di Era Digital, Meneguhkan Islam Cinta, Membedah Fenomena Sosial dalam Bingkai Media, Islam Ramah Inilah Madzhabku, Memahami Riset Ilmu Komunikasi: Metode dan Aplikasinya, Etika Etiket Netiket Dilema Masyarakat Digital, Resiliensi Online dalam Hidup Remaja Gen Z, serta Metode Penelitian Komunikasi.

Buku-buku tersebut merupakan respon akademisi Departemen Ilmu Komunikasi UNY dalam menghadapi fenomena dan realitas sosial yang terjadi di masyarakat, yang utamanya dilihat dari perspektif sosial dan komunikasi. ”Selain peluncuran 10 buku tersebut, Departemen Ilmu Komunikasi sedang berupaya untuk memantapkan peta riset atau roadmap riset keilmuan,” kata Benni.

Selama ini, Departemen Ilmu Komunikasi melihat beragam persoalan masalah sosial yang terjadi di sekitar, realitas masyarakat baik di dunia nyata maupun maya dari perspektif keilmuan komunikasi. Dan juga, selama ini riset Departemen Ilmu Komunikasi baik dari dosen dan mahasiswa masih berjalan begitu saja. “Untuk itu, pemantapan peta riset perlu dilakukan. Di mana riset dapat digunakan sebagai khazanah keilmuan dalam penyelesaian masalah-masalah sosial dari perspektif ilmu komunikasi,” ujar Benni.

baca juga: Cerita Bella, Wisudawan UNY Peraih IPK Tertinggi dari Jurusan Statistika

Ketua Departemen Ilmu Komunikasi UNY, Pratiwi Wahyu Widiarti berharap Milad ke-10 ini bisa menjadi momen untuk maju bagi seluruh tim dan dosen. Terlebih, saat ini Departemen Ilmu Komunikasi telah menjalin kerja sama internasional bersama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) terkait rencana pembukaan Program S2 Ilmu Komunikasi Dual Degree.

“Selain membuka S2 Ilmu Komunikasi Program Internasional itu, departemen juga akan membuka Program Reguler S2 Ilmu Komunikasi. Harapannya, pembukaan program S2 akan semakin mengembangkan kontribusi Departemen Ilmu Komunikasi dalam pengembangan keilmuan dan pendidikan,” pungkas Pratiwi.

Topik Menarik