Makin Canggih, Google Lens Interaktif Jawab Pertanyaan tentang Video

Makin Canggih, Google Lens Interaktif Jawab Pertanyaan tentang Video

Terkini | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 18:05
share

Google menambahkan serangkaian fitur baru berbasis AI generatif ke Google Lens. Dalam sebuah unggahan blog, Google mengumumkan kemampuan untuk mencari melalui video yang direkam di ponsel menggunakan fitur Google Lens, sambil secara bersamaan mengajukan pertanyaan tentang apa yang sedang direkam.

Google akan memproses pertanyaan tadi sesuai konteks di layar dan menghasilkan Ikhtisar AI, serta beberapa tautan web yang berguna. Fitur ini sudah tersedia hari ini di aplikasi Google untuk iOS dan Android, tetapi calon pengguna perlu mendaftar dalam eksperimen "AI Overviews and more" di Labs untuk mencoba.

"Misalnya, Anda sedang berada di akuarium dan ingin mengetahui lebih banyak tentang beberapa ikan yang menarik di salah satu pameran. Buka Lens di aplikasi Google dan tahan tombol rana untuk merekam sambil mengajukan pertanyaan secara lisan, seperti, 'mengapa mereka berenang bersama?' Sistem kami akan memahami video dan pertanyaan Anda secara bersamaan untuk menghasilkan Ikhtisar AI, bersama dengan sumber daya yang berguna dari seluruh web," tulis Google dilansir dari Trusted Reviews, Jumat (4/10/2024).

Baca Juga: Cara Membeli Barang dengan Menggunakan Google Lens

Selain video, Google juga menambahkan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan suara saat mengambil foto di Lens. Google mengatakan pengguna dapat mengarahkan kamera, menahan tombol rana, dan mengajukan pertanyaan sambil melakukannya. Fitur ini sudah sepenuhnya aktif di aplikasi seluler Google.

Ada juga pembaruan yang akan meningkatkan halaman hasil pencarian saat menggunakan pencarian gambar untuk mencocokkan item di dunia nyata dengan opsi belanja. Lens kini dapat mengidentifikasi produk yang tepat, bukan hanya sesuatu yang mirip dengan gambar yang tertangkap.

Baca Juga: Semakin Pintar, Google Lens Kini Bisa Kerjakan Soal Matematika

Fitur Circle to Search, salah satu fitur AI yang lebih keren, mendapatkan peningkatan lain yang akan mengidentifikasi musik apa pun yang diputar dalam konten di layar. Jadi, jika ada lagu dalam tweet yang ingin diketahui, misalnya, Google akan menyebutkan judul lagu tersebut.

Terakhir, bagi pengguna di Amerika Serikat, Google meluncurkan alat baru untuk mengatur halaman hasil pencarian dengan AI.

"Minggu ini, kami meluncurkan halaman hasil pencarian yang diatur dengan AI di AS — dimulai dengan resep dan inspirasi makanan di ponsel. Anda sekarang akan melihat pengalaman halaman penuh, dengan hasil yang relevan diatur khusus untuk Anda. Pengguna dapat dengan mudah menjelajahi konten dan perspektif dari seluruh web termasuk artikel, video, forum, dan lainnya — semuanya di satu tempat," tulis Google di blognya.

Topik Menarik