BAZNAS Bersama PT Adev Natural Indonesia Resmikan Program Balai Ternak di Tegal

BAZNAS Bersama PT Adev Natural Indonesia Resmikan Program Balai Ternak di Tegal

Infografis | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 11:49
share

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama PT Adev Natural Indonesia meluncurkan program Balai Ternak di di Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (4/10/2024).

Peluncuran Program Balai Ternak BAZNAS Kelompok Tani Ternak Berkah Slamet di Kabupaten Tegal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemandirian ekonomi peternak mustahik dan memberdayakannya hingga menjadi muzaki.

Turut hadir, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional Achmad Sudrajat, PJ Bupati Kabupaten Tegal Agustyarsyah yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud, serta Alfi Nurzaki Mewakili Dewan Direksi dan Komisaris PT Adev Natural Indonesia

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita berkumpul untuk meresmikan Balai Ternak BAZNAS di Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ini adalah balai ternak ke-38 dari total 43 titik program Balai Ternak yang dikembangkan oleh BAZNAS RI. Sebuah pencapaian yang patut kita syukuri dan banggakan," ujar Achmad Sudrajat.

Achmad mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan balai ternak ini, terutama kepada PT Adev Natural Indonesia dan BAZNAS Kabupaten Tegal yang telah memberikan dukungan finansial dimana akan sangat bermanfaat bagi para peternak.

"Balai Ternak ini akan memberdayakan 20 peternak dengan total populasi 210 ekor domba. Melalui pengembangan budidaya ternak persilangan antara ternak Sakub dan ternak lokal, serta inisiatif lain seperti pengembangan pupuk kompos padat cair, sistem pertanian terpadu dan penggemukan ternak. Kami berharap dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan peternak," tuturnya.

Achmad berharap, program Balai Ternak BAZNAS ini menjadi bagian dalam pengembangan usaha ekonomi peternak mustahik serta dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tegal.

"Semoga dengan adanya Balai Ternak BAZNAS Tegal ini, kita dapat bersama-sama mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera," ucap Achmad.

Program ini pun disambut baik oleh PJ Bupati Kabupaten Tegal Agustyarsyah. Menurutnya, peluncuran Balai Ternak BAZNAS ini merupakan langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi peternak di Tegal.

"Semoga kolaborasi antara BAZNAS, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat terus berjalan dengan baik, dan mendapatkan hasil yang optimal bagi kemajuan masyarakat di Kabupaten Tegal," ujar Agustyarsyah.

Sementara itu, General Manager PT Adev Natural Indonesia Alfi Nurzaki menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS atas kolaborasi yang terjalin melalui program Balai Ternak BAZNAS.

"Alhamdulillah, kami dapat menyaksikan langsung pemberdayaan mustahik yang dilakukan oleh BAZNAS melalui balai ternak ini. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak, khususnya di wilayah tegal," ujar Alfi.

“Sedangkan bagi PT Adev Sendiri, penyaluran dana Zakat Perusahaan yang diperuntukkan untuk Program Balai Ternak di Tegal ini adalah bentuk nyata PT Adev Natural Indonesia dalam kemajuan umat,” tambah Alfi.

Sebagai informasi, PT Adev Natural Indonesia adalah perusahaan maklon kosmetik terdekat Bogor yang menerima jasa pembuatan produk kosmetika berkualitas terbaik, aman, halal dan berstandar CPKB BPOM. PT Adev Natural Indonesia Resmi berdiri pada 15 Januari 2007 di Bogor.

Balai Ternak BAZNAS merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan. Balai Ternak ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR BAZNAS RI Eka Budhi Sulistyo, Kepala Divisi Zakat Perusahaan BAZNAS RI Argo Sayoto, HRGA-Legal Manager PT Adev Natural Indonesia Rahmadini Naripati, Pimpinan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah Zain Yusuf, dan Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Tegal M Aqsho.

Lalu, hadir juga Komandan Kodim 0712 Kabupaten Tegal Letkol Inf. Suratman, Kepala Polres Kabupaten Tegal AKBP Andi M Indra Waspada, Ketua BAZNAS Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi, Waka 1 M Syafiq Zuhri, Waka 2 Nurul Huda, Waka 3 H Fatin Hammam, serta Waka 4 Istibsaroh.

Topik Menarik