Rusia Hancurkan Depot Amunisi Ukraina dengan Bom FAB-3000 Seberat 3 Ton

Rusia Hancurkan Depot Amunisi Ukraina dengan Bom FAB-3000 Seberat 3 Ton

Global | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 08:24
share

Militer Rusia telah menjatuhkan FAB-3000, salah satu bom non-nuklir terkuatnya, di depot amunisi Ukraina di selatan Donetsk.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis mengumumkan serangan bom lebih dari 3 ton itu telah menghancurkan target. Pengumuman itu disertai penerbitan rekaman video penjatuhan bom.

"Pasukan Moskow telah menyerang fasilitas penyimpanan amunisi yang terletak di desa Razliv," kata kementerian tersebut, seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (4/10/2024).

Target, yang terletak sekitar 23 kilometer dari Kurakhovo, merupakan pusat logistik utama yang digunakan oleh pasukan Kyiv di Donetsk.

Baca Juga: Vladimir Putin Bakal Gunakan Senjata Nuklir, Ini Respons Bos NATO

Video pendek yang dipublikasikan oleh Kementerian Rusia di Telegram menunjukkan sebuah bom besar dijatuhkan di sekelompok bangunan di pinggiran desa. Sebuah ledakan besar mengguncang daerah tersebut dan mengirimkan gumpalan asap abu-abu tebal ke langit.

Menurut kementerian tersebut, sebuah bom FAB-3000 dijatuhkan tepat pada target.

Bom seri FAB dirancang untuk menghancurkan pertahanan atau benteng musuh serta fasilitas industri militer. Badannya yang kuat mampu menembus balok langit-langit di gedung bertingkat sambil menjaga bom tersebut tetap utuh.

FAB-3000 adalah salah satu jenis bom terkuat dalam seri tersebut, dengan hanya beberapa model lain yang memiliki kapasitas penghancur yang lebih tinggi.

Dengan berat lebih dari 3 ton, bom tersebut membawa bahan peledak yang setara dengan hampir 1,4 ton TNT.

Tahun ini, militer Rusia mulai melengkapi bom mereka yang lebih besar dengan Modul Koreksi dan Panduan Universal (UMPK). Kit peningkatan bersayap dirancang untuk mengubah bom jatuh bebas yang lama menjadi persenjataan berpresisi tinggi.

UMPK awalnya digunakan dengan bom berdaya ledak tinggi yang lebih kecil dari seri FAB seperti FAB-250 atau FAB-500.

Bom FAB-3000 pertama yang dipasangi UMPK digunakan pada pertengahan Juni.

Video serangan itu dirilis saat Kementerian Pertahanan Rusia juga mengonfirmasi "pembebasan" kota Ugledar—posisi penting yang strategis yang terletak di dataran tinggi dan memiliki gedung-gedung tinggi yang menghadap ke dataran di sekitarnya.

Terletak sekitar 40 kilometer di tenggara dari Razliv, Ugledar telah menjadi arena pertempuran sengit pada beberapa kesempatan di masa lalu saat pasukan Rusia berusaha menguasai kota tersebut.

Topik Menarik