Daftar Nama Capim dan Dewas KPK yang Diserahkan ke Jokowi, Mertua Kiky Saputri Lolos

Daftar Nama Capim dan Dewas KPK yang Diserahkan ke Jokowi, Mertua Kiky Saputri Lolos

Nasional | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 16:07
share

Panitia seleksi (pansel) telah menyerahkan nama-nama calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (1/10/2024). Masing-masing 10 nama dari capim dan Dewas KPK.

Salah satu nama dalam daftar tersebut adalah Mertua komika Kiky Saputri, Gusrizal yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Kalimantan Selatan.

"Kami baru saja sekitar pukul 12.30 WIB tadi diterima oleh Bapak Presiden untuk menyerahkan hasil akhir dari pada seleksi calon pimpinan dan calon dewan pengawas KPK," kata Ketua Pansel Yusuf Ateh dalam jumpa pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Baca juga: Mertua Kiky Saputri Dicecar Pansel soal Pernikahan Mewah Anaknya

Ateh mengatakan bahwa 10 nama masing-masing calon pimpinan dan Dewas KPK akan disampaikan melalui website dalam waktu dekat. "Bapak Presiden meminta kami untuk menyampaikan kepada teman-teman yang media dan sekaligus nanti akan menyampaikan 10 calon pimpinan dan 10 calon dewas KPK melalui website seperti biasa," kata Ateh.

Kesempatan yang sama, Wakil Pansel KPK Arief Satria menjelaskan bahwa pihaknya telah menentukan kriteria dan pertimbangan tokoh-tokoh yang lolos Capim dan Dewas KPK.

Baca juga: Kiky Saputri Bingung Kabar Mertua Lolos Dewan Pengawas KPK: Masih Seleksi!

"Bahwa kriteria yang kita tetapkan dalam memilih Capim dan Cadewas ini adalah, satu integritas, dua kapabilitas, tiga adalah akseptabilitas. Jadi reputasi dan kemudian kepercayaan publik juga menjadi salah satu pertimbangan dalam kami menentukan, jadi aspeknya sangat luas sekali dan pertimbangan-pertimbangan itu pun juga atas masukan dari berbagai kalangan," kata Arief.

Arief menjelaskan bahwa penetapan kriteria tersebut merupakan masukan dan aspirasi dari masyarakat, termasuk media, CSO, akademisi, hingga pebisnis. Rekam jejak dan masukan dari berbagai instansi pemerintah juga menjadi pertimbangan dalam menentukan 10 Capim dan calon Dewas KPK.

Baca juga: Pansel Capim KPK Bakal Saring 10 Nama, Nantinya Diserahkan ke Jokowi

"Jadi saya kira variable-variable sangat komprehensif, barang kali ada orang yang menyampaikan Si A, si B, si C hanya dalam satu perspektif, tapi perspektif dan juga banyak data-data yang tidak dibuka ke publik tang kami dapatkan sehingga kami pada akhirnya memutuskan untuk mengirim 10 nama Capim dan 10 nama Cadewas kepada Pak Presiden," kata Arief.

"Dan Alhamdulillah Pak Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut Ke DPR. Nah insyaallah dalam waktu sesingkat ini, jadi tim sekretariat sedang mempersiapkan utuk menyampaikan daftar nama melalui website seperti biasa," pungkasnya.

Capim KPK:1. Agus Joko Pramono2. Ahmad Alamsyah Saragih3. Djoko Poerwanto4. Fitroh Rohcahyanto5. Ibnu Basuki Widodo6. Ida Budhiati7. Johanis Tanak8. Michael Rolandi Cesnanta Brata9. Poengky Indarti10. Setyo Budiyanto

Sedangkan calon Dewas KPK:1. Benny Jozua Mamoto2. Chisca Mirawati3. Elly Fariani4. Gusrizal5. Hamdi Hassyarbaini6. Heru Kreshna Reza7. Iskandar Mz8. Mirwazi9. Sumpeno10. Wisnu Baroto.

Topik Menarik