Prabowo Panggil Calon Menteri ke Hambalang? Dasco Beri Penjelasan Ini

Prabowo Panggil Calon Menteri ke Hambalang? Dasco Beri Penjelasan Ini

Nasional | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 13:25
share

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal isu yang beredar bahwa Prabowo Subianto selaku presiden terpilih memanggil sejumlah tokoh yang dikabarkan menjadi calon menteri. Kabar beredar, pemanggilan dilakukan di kediaman Prabowo di Hambalang, Sentul, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dasco menyatakan, kegiatan tersebut merupakan hal biasa yang dilakukan Prabowo. Bahkan, sudah dilakukannya sejak lama. "Di Hambalang itu memang rutin diadakan diskusi-diskusi. Jadi setiap Jumat dan Sabtu ada diskusi-diskusi," kata Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Wakil Ketua DPR RI itu menyebut, dalam diskusi itu memang Prabowo kerap mengundang sejumlah tokoh-tokoh politik nasional. Namun, dia menegaskan soal pertemuan di Hambalang kemarin, tokoh-tokoh yang hadir bukan dalam konteks pembahasan komposisi kabinet.

Baca Juga: Beredar Nama Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran, Siapa Saja?

"Sehingga sudah saya jelaskan kemarin bahwa tidak ada korelasinya dengan pemanggilan calon-calon menteri," ujar Dasco.

Soal kabinet mendatang, Prabowo Subianto menargetkan H-5 pelantikan selesai menyusun komposisi kabinet pemerintahannya. Hal itu diungkapkan Dasco saat disinggung perkembangan terkini perihal komposisi kabinet Prabowo-Gibran menjelang pelantikan pada 20 Oktober 2024.

"Presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai (susun kabinet pemerintahan)," ujar Dasco.

Dasco menyampaikan, dari informasi yang diterima, pembahasan mengenai kabinet masih sangat dinamis. Terutama, soal nama-nama sejumlah tokoh yang diusulkan partai politik pengusung untuk menjadi menteri.

"Nama-nama terutama dari parpol yang proporsinya tidak terlalu lebih besar dari yang profesional, nah ini kemudian ada yang masuk, ada yang tarik, sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya," kata Dasco.

 

Karena itu, dia meminta semua pihak bersabar untuk menunggu kepastian soal postur kabinet. Sebab, itu merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai Presiden terpilih. "Seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita lihat pada waktunya nanti," ucapnya.

Topik Menarik