9 Jurusan Kuliah Saintek yang Lulusannya Banyak Dicari di Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

9 Jurusan Kuliah Saintek yang Lulusannya Banyak Dicari di Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

Terkini | sindonews | Sabtu, 28 September 2024 - 09:00
share

Ini 9 jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari perusahaan BUMN. Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi impian banyak orang tak terkecuali lulusan perguruan tinggi.

Selain statusnya yang prestise, bekerja di BUMN juga menawarkan gaji yang memadai. Hanya saja, tidak semua lulusan perguruan tinggi berpeluang bisa berkarier di perusahaan BUMN. Artikel kali ini akan membahas 9 jurusan kuliah Saintek yang lulusannya banyak dicari perusahaan BUMN, simak ya!

9 Jurusan yang Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan BUMN

1. Sistem Manajemen Informasi

Jurusan ini menggabungkan ilmu komputer dengan manajemen informasi yang membuat lulusannya mampu mengelola dan menganalisis data untuk kepentingan bisnis.

Di era digital, perusahaan BUMN tentu sangat membutuhkan tenaga ahli yang dapat membangun dan mengelola sistem informasi, terutama untuk meningkatkan efisiensi operasional.

2. Teknologi Informasi

Sebagai cabang dari ilmu komputer, teknologi informasi fokus pada penerapan teknologi dalam dunia bisnis dan pemerintahan.Perusahaan BUMN seperti Telkom Indonesia, Pertamina, hingga PLN sangat memerlukan lulusan teknologi informasi untuk mendukung digitalisasi layanan mereka.

3. Teknik Komputer

Teknik komputer mengajarkan dasar-dasar tentang hardware dan software yang digunakan dalam sistem komputer. Para lulusan jurusan ini pun sangat dibutuhkan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi yang stabil di berbagai perusahaan BUMN yang mengandalkan komputerisasi dalam operasional sehari-hari.

Baca juga:10 Jurusan Kuliah Non Teknik yang Alumninya Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN

4. Sistem Komputer

Fokus utama dari jurusan ini adalah pengelolaan perangkat keras dan lunak pada sistem komputer. Lulusan sistem komputer banyak dicari untuk pengelolaan jaringan dan keamanan data di perusahaan BUMN, yang kini semakin memperketat perlindungan terhadap ancaman siber.

5. Teknik Informatika

Teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang paling diminati karena menggabungkan logika pemrograman, pengembangan aplikasi, serta keamanan siber. Kemampuan lulusan teknik informatika untuk menciptakan solusi teknologi yang inovatif sangat berharga di berbagai sektor BUMN.

6. Teknik Industri

Teknik industri mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan sistem produksi, baik dari segi manusia, mesin, maupun metode kerja. Di BUMN yang bergerak di sektor manufaktur dan konstruksi, teknik industri memegang peranan penting dalam efisiensi proses produksi dan perencanaan strategis.

7. Teknik Mesin

Teknik mesin adalah jurusan klasik yang tidak pernah kehilangan relevansi, terutama di BUMN yang bergerak di bidang energi dan manufaktur. Lulusan teknik mesin bertanggung jawab atas perancangan, produksi, hingga perawatan mesin yang digunakan dalam operasional industri besar.

8. Teknik Sipil

Dengan banyaknya proyek infrastruktur yang dijalankan oleh BUMN, seperti pembangunan jalan tol, jembatan, dan gedung-gedung perkantoran, lulusan teknik sipil menjadi sangat dibutuhkan. Pasalnya, keahlian mereka dalam merancang dan mengawasi proyek konstruksi sangat esensial untuk keberhasilan berbagai proyek tersebut.

9. Teknik Elektro

BUMN di sektor energi seperti PLN dan Pertamina selalu membutuhkan tenaga ahli dari jurusan teknik elektro. Mereka berperan dalam memastikan instalasi listrik, peralatan, serta sistem energi beroperasi dengan aman dan efisien, terutama di sektor-sektor vital yang menunjang kebutuhan energi nasional.

Topik Menarik