Inilah 3 Negara yang akan Mendukung Rusia jika Perang Dunia III Terjadi

Inilah 3 Negara yang akan Mendukung Rusia jika Perang Dunia III Terjadi

Global | sindonews | Rabu, 25 September 2024 - 14:45
share

Rusia kemungkinan besar akan didukung oleh tiga sekutunya jika Perang Dunia III benar-benar terjadi. Saat ini isu Perang Dunia memang jadi topik utama dengan banyaknya konflik yang melanda di berbagai negara.

Dimulai dengan invasi Rusia ke Ukraina, kemudian dilanjutkan dengan konflik di Timur Tengah yang tak kunjung usai.

Adapun konflik antara Taiwan dan China, ditambah lagi dengan Korea Utara dan Korea Selatan yang kembali memanas.

Beberapa konflik besar tersebut bisa dibilang sebagai beberapa pemicu terjadinya Perang Dunia III. Meski begitu, sebagian besar negara di dunia tentunya tidak mengharapkan perang besar akan terjadi.

Jika memang Perang Dunia III terjadi, maka saat ini sudah terlihat beberapa negara yang kemungkinan besar akan bersekutu di masa depan. Tentu nantinya Rusia akan memiliki kekuatannya tersendiri, begitu juga dengan AS dan sekutu Uni Eropa mereka.

3 Negara yang Akan Mendukung Rusia

1. China

Semenjak Rusia terkena sanksi ekonomi dari Barat, China menjadi negara yang memberi bantuan besar terhadap Moskow untuk membangun stabilitas ekonomi mereka. Hingga saat ini hubungan kedua negara bahkan semakin mesra.

Ditambah lagi kedua negara tersebut sama-sama mengusung konsep anti-Barat dan hendak merealisasikan dedolarisasi melalui BRICS.

Rusia telah memandang China sebagai penyelamat ekonomi yang penting di tengah sanksi tersebut, sementara Tiongkok mendapat manfaat dari impor energi yang murah dan akses terhadap sumber daya alam yang melimpah. Tak heran jika kedua negara ini nantinya akan menjadi sekutu yang kuat jika Perang terjadi. Hal ini didukung dengan konflik Rusia dengan Ukraina dan perseturuan China dengan Taiwan.

2. Korea Utara

Hubungan antara Rusia dan Korea Utara telah menguat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Kim menandatangani perjanjian pertahanan bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika ia melakukan kunjungan langka ke Pyongyang pada bulan Juni tahun ini.

Kedua negara juga telah membuat komitmen untuk saling membantu jika terjadi agresi terhadap salah satu negara.

Rusia menganggap "sangat penting" untuk memperkuat hubungan Rusia-Korea di semua bidang, kata Putin, seraya mencatat bahwa pada tahun 2023 omzet perdagangan antara kedua negara meningkat sembilan kali lipat, dan selama lima bulan tahun ini meningkat sebesar 54.

Rusia dan Korea menjalankan kebijakan luar negeri yang independen dan tidak menerima "bahasa pemerasan dan dikte," menentang "sanksi dan pembatasan yang bermotif politik, yang merusak sistem politik dan ekonomi global," tegas Putin.

3. Iran

Bisa dibilang jika Iran merupakan salah satu sekutu terdekat Rusia, dimana kedua negara telah semakin memperdalam kerja sama militer dan politik. Hal ini semakin jelas ketika Teheran secara resmi menjadi anggota BRICS.

Pada bulan Februari 2022, Reuters juga melaporkan bahwa Teheran mengirim "sejumlah besar rudal balistik permukaan-ke-permukaan yang kuat" untuk membantu invasi Moskow.

Diketahui juga jika sebagian besar pasokan senjata Iran didatangkan dari Moskow. Pasokan senjata inilah yang nantinya dikirimkan ke berbagai poros mereka di Timur Tengah.

Jika nantinya Rusia terjun langsung dalam konflik di Timur Tengah yang sedang berkecamuk ini, sudah dipastikan jika Perang Dunia III akan semakin dekat.

Baca juga: Rudal Fadi-3 Mulai Digunakan, Hizbullah Bom Pangkalan Militer Samson Israel

Topik Menarik