4 Pembalap Binaan Astra Honda Siap Guncang GP Mandalika 2024

4 Pembalap Binaan Astra Honda Siap Guncang GP Mandalika 2024

Olahraga | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 18:30
share

Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat kesempatan tampil sebagai wildcard kelas FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika pada 28-29 September2024. Selain Arbi, pembalap belia lainnya Davino Britani juga meramaikan Mandalika sebagai pembalap wildcard di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2024 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan ini.

Balapan ini menjadi spesial karena secara total empat anak muda potensial akan berlaga di hadapan pendukungnya di Tanah Air. Selain Arbi, pembalap binaan Astra Honda lainnya yang mengaspal di GP Mandalika adalah Mario Suryo Aji (Honda Team Asia) yang jalani tahun pertamanya sebagai pembalap Moto2, serta M. Kiandra Ramadhipa, yang turun sebagai pembalap regular di ajang IATC 2024.

Pada kejuaraan FIM Moto3 World Championship 2024, Arbi menjadi pembalap wildcard di bawah naungan Honda Team Asia yang merupakan tim regular di ajang balap tersebut. Kelas FIM Moto3 World Championship merupakan sebuah seri dari gelaran World Grand Prix yang menggunakan mesin berkapasitas 250cc.

Baca Juga: Sambut MotoGP Mandalika, Dorna Sports Mulai Kirim Logistik

Balapan kali ini merupakan kali keempat Arbi berkesempatan menjadi pembalap wildcard. Tahun lalu, Arbi menjadi pembalap Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan wildcard di ajang FIM Moto3 World Championship seri Mandalika.

Tahun ini, pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut juga mendapatkan kesempatan wildcard di dua seri balapan dunia Moto3, yaitu di seri Catalunya dan seri Aragon, Spanyol.

"Ini kali kedua saya jadi pembalap wildcard di Mandalika. Tahun lalu, saya finis di posisi 17. Tahun ini, tentu target saya harus lebih baik lagi. Secara fisik, mental dan teknis, saya siap untuk memberikan hasil terbaik di Mandalika," ujar Arbi dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Kecelakaan Bagnaia Jadi Anugerah untuk Marc Marquez di MotoGP Emilia-Romagna 2024Fadillah Arbi Aditama atau yang biasa disapa Arbi merupakan lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2019. Memulai karier balap internasionalnya di ajang IATC pada musim 2021 saat berusia 15 tahun, saat ini Arbi berlaga sebagai pebalap regular di ajang balap International FIM JuniorGP yang berbasis di Eropa.

Sebagai satu-satunya pembalap Indonesia yang berjuang di kejuaraan balap tersebut, Arbi telah berhasil meraih prestasi membanggakan dengan mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium tertinggi saat bersaing di FIM JuniorGP tahun lalu.

Sementara Mario Suryo Aji yang sudah menjadi pembalap regular Honda Team Asia pada kelas FIM Moto2 World Championship 2024, tampil perdana di depan pendukungnya langsung sebagai pembalap Moto2.

Dua tahun sebelumnya, Mario turun sebagai pembalap Moto3. Mario merupakan alumni Astra Honda Racing School 2016 yang kemudian melakukan debutnya di ajang Thailand Talent Cup.

Pada musim 2018, Mario turun di ajang ATC. Prestasinya yang menjanjikan mengantarkan Mario menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjadi pembalap regular di ajang balap dunia Moto3 selama dua tahun pada 2022-2023 dan mulai menapaki ketatnya persaingan balap dunia Moto2 pada tahun ini.

Idemitsu Asia Talent Cup

Selain Arbi, pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu Davino Britani terpiluh sebagai pembalap wildcard di ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup 2024 yang digelar bersamaan ajang balap MotoGP seri Mandalika. Kejuaraan IATC merupakan kejuaraan yang memberi kesempatan bagi talenta balap dari negara-negara Asia. Ajang ini mulai digagas pada tahun 2013 dan resmi bergulir sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Davino Britani merupakan pembalap berusia 14 tahun tergabung dalam Astra Honda Racing School. Meskipun kesempatan ini menjadi pengalaman pertama bagi Davino untuk turun di ajang balap level Asia, pembalap kelahiran Tangerang ini yakin mampu tampil maksimal. Berbagai prestasi di ajang balap nasional juga telah ditorehkan Davino, di antaranya pada kejuaraan Mandalika Racing Series, Davino menempati standing point urutan pertama kelas junior sport 150cc, dan juga 1st Standing Point of Rookie Class pada ajang Moto Prix Region Java.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Balapan di IATC yang bersamaan dengan MotoGP tentu hal yang tak ternilai buat saya. Saya akan berusaha memberikan penampilan terbaik karena tampil menjadi pebalap MotoGP adalah impian yang ingin saya wujudkan di masa depan," ujar Davino.

Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi mengatakan komitmen tinggi AHM untuk mewujudkan mimpi pembalap muda berbakat Indonesia terus diperkuat. Pembinaan bibit balap telah dilakukan melalui Astra Honda Racing School, hingga mendukung mimpi pebalap untuk mampu bersaing di kancah balap dunia.

"Mari kita mendukung mimpi pebalap muda bertalenta di Tanah Air untuk mengharumkan nama bangsa di ajang balap dunia. Kami yakin semangat juang tinggi para pebalap Indonesia mampu memacu semangat untuk menampilkan performa terbaiknya di ajang balap FIM Moto3 World Championship dan Idemitsu Asia Talent Cup seri Mandalika nanti," ujar Octa.

Gelaran IATC juga akan diperkuat pembalap regular binaan AHM sepanjang musim balap tahun ini, yaitu Kiandra Ramadhipa. Pada balapan putaran sebelumnya, Ramadhipa memberikan kado spesial untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-79 dengan meraih podium kedua pada race kedua IATC di Sepang International Circuit pada 18 Agustus 2024.

Dengan prestasinya ini, Kiandra Ramadhipa menempati posisi kedua klasemen pembalap IATC 2024 dengan catatan point 71. Sementara pembalap regular binaan AHM lainnya Rama Putra tidak dapat berpartisipasi pada ajang IATC seri Mandalika dikarenakan masih pada masa pemulihan pasca cedera ketika sesi latihan.

Topik Menarik