Resep Mi Ayam Wonogiri, Nikmat dengan Kuah Kental dan Topping Menggoda

Resep Mi Ayam Wonogiri, Nikmat dengan Kuah Kental dan Topping Menggoda

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 16:50
share

Mi ayam Wonogiri adalah salah satu hidangan mi ayam yang sangat populer di Indonesia. Keunikan mi ayam ini terletak pada kuahnya yang kental, kaya rasa.

Selain itu, mi ayam Wonogiri mempunyai topping ayam suwir yang cenderung lebih manis dari lainnya. Kunci kenikmatan mi ayam ini terletak pada kuahnya yang kental.

Untuk mendapatkan kuah yang kental, masak kaldu ayam hingga cukup lama dan tambahkan sedikit tepung maizena yang dilarutkan dalam air. Anda juga bisa gunakan minyak ayam untuk menambah aroma sedap pada kuah.

Berikut resep membuat mi ayam Wonogiri dirangkum dari Endeus TV, Selasa (24/9/2024).

Resep Mi Ayam Wonogiri

Baca Juga: 5 Mi Ayam Enak di Bandung, Rasanya Nggak Ada Lawan

Bahan:

4 sdm kecap asin4 sdm minyak ayam400 g mi basah, rebus hingga matang, tiriskan150 g sawi hijau, potong 3 cm, blansir9 buah bakso, rebus

Topping:

4 sdm minyak goreng8 lembar daun jeruk2 lembar daun salam2 batang serai, memarkan300 g fillet dada ayam, potong dadu 1 cm600 ml air1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Saus Bumbu:

3 sdm kecap manis1 sdm saus tiram1 sdm kecap asin1 sdt gula pasir½ sdt merica bubuk½ sdt garam½ sdt kaldu ayam bubuk

Bumbu, Haluskan:

50 g bawang bombai6 butir bawang merah4 siung bawang putih4 cm kunyit, bakar4 butir kemiri, sangrai2 cm jahe, bakar2 cm lengkuas1½ sdt ketumbar butiran, sangrai

Baca Juga: Apakah Mi Ayam Lebih Sehat Daripada Mi Instan? Ketahui Kandungan Gizinya

Pelengkap:

Bawang merah goreng, secukupnyaDaun bawang, iris halus, secukupnyaSambal rawitKuah kaldu

Cara Membuat:

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan saus bumbu dan air, aduk kembali hingga rata. Masak dengan api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap.

Masukkan larutan tepung maizena, masak hingga mengental. Angkat, sisihkan. Siapkan 4 buah mangkuk saji. Dalam setiap mangkuk, masukkan 1 sdm kecap asin dan 1 sdm minyak ayam.

Tambahkan mi ke dalam mangkuk, aduk rata bersama bumbu. Berikan topping tumisan ayam beserta sedikit kuah ke atas mi. Tambahkan sawi hijau dan bakso secukupnya. Sajikan segera bersama pelengkap.

Topik Menarik