Sentil Nebeng Jet Pribadi, Ketua KPK: Jangan Naik Kalau Tiketnya Gratifikasi

Sentil Nebeng Jet Pribadi, Ketua KPK: Jangan Naik Kalau Tiketnya Gratifikasi

Nasional | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 14:38
share

Ketua Komisi Pemberantasan Koruspi (KPK) Nawawi Pomolango menyampaikan pesan yang dianggapnya tak bijak. Dia pun menyinggung soal pesawat terbang dan tiket gratifikasi.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam diskusi ‘Konflik Kepentingan Sebagai Pintu Masuk Korupsi’ yang digagas oleh ICW, Selasa (24/9/2024).

“Izinkan dulu saya mengawali paparan ini dengan ini bukan pantun, tapi lebih pesan yang tak bijak gitu. Jadi bukan pantun, tapi pesan tak bijak,” kata Nawawi.

Baca juga: KPK Rampung Telaah Kasus Jet Pribadi Kaesang, Kapan Diumumkan?

Kemudian, Nawawi meminta setiap bait yang disampaikannya disambut dengan kata COI (conflict of interest). “Kalau biasanya pantun itu setiap bait itu diikuti dengan kata cakep. Ini jangan diikuti dengan kata cakep. Cakep itu sudah hal yang ini pada cakep semua ngapain kita ulangi,” ujar dia.

“Pernyataan cakep tapi diganti dengan kata COI artinya conflict of interest. Jadi selalu mengingatkan kita bahwa conflict of interest itu sangat-sangat hati-hati untuk mengelolanya,” sambung dia.

Berikut yang disampaikan oleh Nawawi Pomolango:

Sang anak jualan pisangSi bapak pengusaha terasiJangan naik pesawat terbangKalau taiketnya dari gratifikasi

Burung pipit burung merpatiBersiul riang di atas dahanJangan mimpi nebeng jet pribadiKalau cuma jualan pisang

Usai membacakan itu, ia meminta hal tersebut jangan sampai diviralkan. Ia berkelakar yang memviralkan akan ditetapkan royalti.

"Saya minta pesan tak bijak ini tetap menjadi konsumsi di sini. Kalau ada yang sampai memviralkan, saya akan menetapkan royalti," jelas dia.

Selesai acara, awak media telah meminta izin untuk mengutip ucapannya. Hal tersebut pun sudah diizinkan oleh Nawawi Pomolango.ngnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Penyuluhan tersebut diberikan kepada masyarakat Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor Sabtu, 21 September 2024.

Topik Menarik