Anies Baswedan Beri Kuliah Umum soal Demokrasi di Universitas Sophia Jepang

Anies Baswedan Beri Kuliah Umum soal Demokrasi di Universitas Sophia Jepang

Nasional | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 18:57
share

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah umum mengenai demokrasi di Universitas Sophia, Yotsuya, Tokyo, Jepang, Jumat (20/9/2024). Kuliah umum mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berlangsung pukul 18.00 hingga 20.00 waktu setempat.

“Konnichiwa dari Sophia University! 31 tahun lalu saya kuliah musim panas di kampus ini, sore ini gantian akan memberi kuliah untuk teman-teman mahasiswa. Sampai jumpa!” kata Anies dalam postingan video di akun Instagramnya.

Dalam potongan video yang diunggah di media sosial itu, Anies mengaku baru saja tiba Universitas Sophia. “Ini dulu kampus di mana saya mengikuti kuliah musim panas tahun 1993,” kata Anies saat mengenakan setelan jas.

Baca juga: Momen Hangat Anies Baswedan Sambut Warga Gaza di Rumahnya

Anies menceritakan waktu itu dirinya masih menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Kala itu, Anies berangkat ke Universitas Sophia setelah setelah selesai tugas di senat mahasiswa UGM.

“Ceritanya waktu itu ada pengumuman di Rektorat UGM ya, ada tulisannya tentang sayembara menulis artikel, lalu saya ikut. Sayembaranya tentang artikel soal lingkungan hidup,” ungkap Anies.

Kemudian, ketika itu dia mencari literatur dan tulisannya tersebut lolos seleksi di Jakarta, selanjutnya berangkat ke Jepang. Dia mengungkapkan, pengalamannya sederhana.

“Ada kesempatan, dicoba tanpa pernah mengira sebelumnya dan ternyata sebuah artikel mengantarkan kesempatan untuk belajar di kampus ini. Jadi, berkesan sekali saya tinggal di sini selama musim panas tinggalnya di Kawasaki. Kemudian kuliahnya di Ichigaya sisi utara Tokyo,” ungkapnya.

Selain kuliah, dia juga mengikuti banyak kegiatan di kampus tersebut. “Jadi pengalaman luar biasa. Hari ini saya bersyukur sekali bisa kembali ke Sofia. Sore ini saya akan memberi kuliah, gantian, kalau dulu saya datang ke sini untuk belajar, ikut kuliah, sekarang saya datang ke sini untuk berbagi dengan mahasiswa,” ucapnya.

Dia memperkirakan akan banyak juga mahasiswa asal Indonesia yang mengikuti kuliah umumnya di Universitas Sophia. “Selamat menikmati akhir pekan. Insya Allah semuanya sehat, panjang umur, berkah,” pungkasnya.

Topik Menarik