Teman Kaesang Jadi Kunci Ada atau Tidaknya Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Teman Kaesang Jadi Kunci Ada atau Tidaknya Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Nasional | sindonews | Rabu, 18 September 2024 - 07:55
share

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyatakan hanya nebeng menggunakan jet pribadi milik temannya saat plesiran ke Amerika Serikat bersama istrinya Erina Gudono. Hal itu Kaesang sampaikan dalam klarifikasinya di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Menurut mantan penyidik KPK Yudi Purnomo, klarifikasi Kaesang menjadi momentum bagi KPK untuk menelusuri kebenaran. Hal itu perlu dilakukan karena KPK selama ini terkesan maju mundur dalam kasus tersebut.

Baca juga: Jet Pribadi Kaesang, Immanuel: Jangan Mentang-mentang Anak Penguasa Jadi Ugal-ugalan

“Kaesang pertama kalinya menyampaikan kepada publik alasan atau alibi dia menggunakan jet pribadi bahwa dia menebeng teman. Tentu inilah yang harus ditelusuri KPK kebenarannnya baik secara kronologi maupun yuridis,” ujarnya, Rabu (18/9/2024).

KPK juga perlu meminta klarifikasi dari teman yang dimaksud Kaesang. Hal itu untuk membuktikan kebenaran dari apa yang disampaikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pemeriksaan juga harus dilakukan terhadap semua orang yang berada di dalam jet pribadi atau yang terdaftar dalam manifest penumpang. Termasuk, kru kabin maupun petugas operasional terkait lainnya.

“Pengecekan ini dilakukan untuk menguji validitas apakah naik pesawat pribadi tersebut ada hubungan dengan sosok penyelenggara negara atau tidak terkait dugaan gratifikasi atau hanya pertemanan belaka,” ucapnya.

Yudi menambahkan dokumen terkait biaya perjalanan juga tidak boleh luput dari pemeriksaan KPK. Sebab, menyangkut jumlah pengembalian uang kepada negara jika benar terbukti ada gratifikasi yang diterima dari menumpang jet pribadi.

Sebelumnya, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, Kaesang menumpang jet pribadi milik temannya berinisial Y.

“Inisial Y, kalau nggak salah depannya. Tapi, kita nggak tahu nih, benar nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi," ujarnya.

Topik Menarik