SpaceX Sukses Melakukan Lompatan Besar bagi Industri Luar Angkasa

SpaceX Sukses Melakukan Lompatan Besar bagi Industri Luar Angkasa

Teknologi | sindonews | Minggu, 15 September 2024 - 16:19
share

Sekelompok kru non-astronot terlatih membuat sejarah dengan memelopori perjalanan luar angkasa yang digambarkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) sebagai kesuksesan besar bagi industri luar angkasa.

BACA JUGA - Stasiun Luar Angkasa Internasional Rusak Terkena Puing Luar AngkasaMisi Polaris Dawn di bawah SpaceX yang dipimpin oleh miliarder teknologi keuangan Jared Isaacman, 41, diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida Selasa lalu untuk mewujudkan ekspedisi yang pertama sejak era Apollo.

Keempat awak tersebut dibawa menaiki pesawat luar angkasa Dragon untuk mencapai orbit di ketinggian 700 kilometer di atas bumi, sehingga menandai dimulainya aktivitas ekstravehicular atau EVA secara resmi pada hari Kamis.

Misi seru tersebut dipimpin oleh Isaacman yang melihat pemandangan spektakuler Bumi dari Skywalker menggantikan pelabuhan docking yang biasa.

“SpaceX, banyak pekerjaan yang harus kita lakukan. Dari sini, bumi terlihat seperti planet yang sangat sempurna,” ujarnya kepada pusat kendali misi di Hawthorne, California Amerika Serikat (AS) yang kemudian disambut dengan tepuk tangan meriah dari para staf.

Secara tidak langsung, ini merupakan pencapaian penting lainnya bagi SpaceX yang didirikan oleh miliarder kontroversial Elon Musk pada tahun 2002.

Selama dua dekade terakhir, SpaceX telah tumbuh menjadi 'pembangkit tenaga listrik' di industri ini ketika berhasil mengungguli raksasa kedirgantaraan Boeing dalam mengirim pesawat ruang angkasa untuk mengangkut astronot NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2020.

“Keberhasilan hari ini mewakili 'lompatan besar' bagi industri luar angkasa komersial dan tujuan jangka panjang NASA untuk membangun ekonomi luar angkasa AS yang dinamis,” kata Administrator NASA Bill Nelson melalui platform X.

Sebelum pintu utama Dragon dibuka, para kru juga menjalani prosedur 'pra-pernapasan' untuk menghilangkan nitrogen dari aliran darah sebelum tekanan kabin diturunkan secara bertahap agar sesuai dengan ruang hampa udara.

Isaacman dan kru Sarah Gillis, yang merupakan insinyur SpaceX, bergiliran berada di luar Dragon selama beberapa menit untuk melakukan tes mobilitas pada pakaian yang dapat dikenakan, yang juga dilengkapi dengan kamera helm dan sistem gerakan bersama.

Sebelumnya, para pionir perjalanan luar angkasa termasuk kosmonot Soviet pertama, Alexei Leonov pada tahun 1965 diikatkan pada pesawat luar angkasa, sedangkan sejumlah astronot pesawat ulang-alik menggunakan jetpack untuk melayang bebas tanpa tambatan di luar angkasa. di atas Naga menyebabkan keempat krunya terkena ruang hampa.

Pilot Angkatan Udara AS Scott Poteet dan insinyur SpaceX Anna Menon akan tetap terikat saat mereka memantau sistem pendukung penting.

“Risikonya lebih besar dari nol dan lebih tinggi dari apapun yang telah dicapai secara komersial,” kata mantan administrator NASA Sean O'Keefe.

Seluruh kru dikatakan telah menjalani pelatihan selama lebih dari dua tahun sebagai persiapan untuk misi penting tersebut.

Di antara latihan yang mereka lakukan adalah terjun payung, scuba diving, dan mendaki gunung berapi Ekuador.

Tugas mereka termasuk menguji komunikasi satelit berbasis laser antara pesawat ruang angkasa dan konstelasi satelit Starlink dan menyelesaikan eksperimen penting seperti pengujian lensa kontak dengan mikroelektronika untuk memantau perubahan tekanan dan bentuk mata di luar angkasa.

“Kami menyebutnya eksperimen cyborg,” jelas Gillis.

Awak misi Polaris Dawn diperkirakan akan kembali ke Bumi pada hari Minggu setelah ekspedisi dijadwalkan memakan waktu lima hingga enam hari.

Dawn adalah yang pertama dari tiga misi yang direncanakan dalam program Polaris yang melibatkan kerja sama Anda

Topik Menarik