Menjajal Ketangguhan New Fortuner di Lintasan Offroad, Performanya Menjanjikan

Menjajal Ketangguhan New Fortuner di Lintasan Offroad, Performanya Menjanjikan

Otomotif | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 10:33
share

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Fortuner dengan sejumlah pembaruan. New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 ini diposisikan sebagai kendaraan all-rounder dan diklaim dapat memberikan kenyamanan tingkat tinggi saat melaju di jalan perkotaan serta offroad.

SINDOnews pun menjajal langsung kemampuan New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport pada lintasan offroad di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Lintasan ini memang kerap dipakai untuk melakukan aktivitas offroad dengan beragam rintangan. Sejumlah titik lintasan cukup ekstrem bakal menguji fitur dan teknologi terbaru pada Toyota New Fortuner.

Hasilnya, performa Toyota New Fortuner yang mengusung mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler dengan output tenaga 203,9 PS pada 3.000 - 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 - 2.800 rpm, cukup menjanjikan. Spesifikasi ini membuatnya dapat melibas trek tanah dengan variasi kontur ekstrem dengan mudah.

Secara dimensi, New Fortuner memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta ground clearance 220 mm. Kondisi ini membuatnya sangat mudah melibas segala medan. Hal itu terbukti ketika melintasi jalan menanjak dan gundukan besar, New Fortuner dapat melibasnya dengan mudah. Bahkan, saat melintasi trek tanah yang licin pun dapat dilewati dengan mudah.

Baca Juga: Semakin Canggih, T Intouch di New Toyota Fortuner Dibekali WiFi Hotspot dan Immobilizer

Penggunaan fitur Rear Differential Lock (R/D Lock) juga membuat New Fortuner sangat mudah melintasi medan sulit ketika satu ban belakang terangkat. Mengingat, masing-masing roda belakang memiliki putaran 100 persen yang membuat mobil semakin bertenaga.

Bukan hanya tangguh melibas segala medan, suspensi New Fortuner juga semakin nyaman berkat aplikasi Monotube Suspension hasil racikan Gazoo Racing (GR). Ini dibuktikan ketika melaju dalam kecepatan tinggi, di mana guncangan di dalam kabin sangat minim.

Baca Juga: Cara Menonton RCTI Plus di Head Unit New Toyota Fortuner 2024

Suspensi ini meningkatkan pengendalian sehingga New Fortuner tidak mudah limbung serta menambah kenyamanan di lintasan offroad maupun onroad. Red Brake Caliper memberikan perbedaan yang signifikan di jalan sekaligus menegaskan positioning Fortuner yang masuk kategori GR Family.

Soal fitur, New Fortuner dilengkapi dengan advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS). Active safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Toyota New Fortuner sendiri ditawarkan dalam dua varian, yakni 4x2 dan 4x4. Soal harga, SUV ini dijual mulai Rp614 juta hingga Rp761,7 juta.

Topik Menarik